Arti kata bertolak-tolak menurut KBBI

bertolak-tolak [ber·to·lak-to·lak]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: tolak.

Arti: saling menyorongkan (melepaskan) tanggung jawab dan sebagainya;

Kata bijak terpopular bertolak-tolak

  • Taman siswa menurunkan mutu pengadjaran dan membawa kita kembali sepuluh tahun ke belakang! Memang kita harus kembali beberapa puluh tahun, kita amat mengingini untuk menemukan 'titik tolak' agar kita dapat berorientasi kembali: kita telah salah djalan.
    - Ki Hadjar Dewantara
  • Kegiatan fisik dalam menulis fiksi bertolak belakang dengan hasil yang didapat. Kegiatan tersebut adalah duduk tegang dan jenuh sepanjang siang atau malam di depan meja dan mesin ketik, pada saat aku ingin berdiri dan pergi ke suatu tempat untuk melihat sesuatu yang aku yakini lebih menarik dibanding apa yang sedang aku kerjakan.
    - Erskine Caldwell
  • Pada akhirnya, kita harus menyadari, ada banyak bayangan dan khayalan yang sebenarnya sering kali bertolak belakang dengan kenyataan yang kita temui.
    - Sandi Firly
  • Berhentilah menyakiti dirimu sendiri. Kamu pikir dunia tidak akan peduli saat kamu terpuruk. Mungkin memang benar. Tapi kamu juga harus melihat jika ada orang-orang yang peduli denganmu. Jangan tolak mereka.
    - Ruwi Meita

Semua kata-kata bijak tentang bertolak-tolak

Kata-kata di KBBI yang dekat dari tolak

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[bertolak-tolak] Makna bertolak-tolak di KBBI adalah: saling menyorongkan (melepaskan) tanggung jawab dan sebagainya;. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)