Arti kata terkotak-kotak menurut KBBI

terkotak-kotak [ter·ko·tak-ko·tak]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: kotak.

Arti: terbagi-bagi; terpisah-pisah; terpecah-pecah
contoh: 'kaum muda hendaknya jangan berjuang secara terkotak-kotak sebab hasilnya tidak baik'

Kata bijak terpopular terkotak-kotak

  • Jiwanya seniman itu bagaikan ruang kosong, tak ada lemari atau kotak-kotak yang bisa dipakai untuk menyembunyikan sesuatu, segalanya tampak jelas dan jujur di mata.
    - Emha Ainun Nadjib
  • Sejarah adalah deretan episode tentang siapa dalang siapa wayang, dan sejarah mencatat Ki Dalang menggenggam kaki tangan wayang-wayang untuk pada suatu hari dimasukkan dalam kotak.
    - Emha Ainun Nadjib
  • Cinta itu memiliki begitu banyak hal kecil. Berdansa di dalam gelap, menunggu telepon berdering, membuka kotak bunga-bunga. Cinta itu bergandengan waktu menonton film, cinta itu melantunkan lagu sedih perlahan-lahan, cinta itu berjalan di waktu hujan. Cinta itu bertengkar dan berdamai lagi. Cinta itu gagasan pertama yang hangat dan membuat rasa kantuk di pagi hari, dan ciuman terakhir di malam hari.
    - Arthur Gordon
  • Selama ini, aku berharap menemukan tanda-tanda cinta dalam hal-hal yang luar biasa dan istimewa. Tetapi aku tidak pernah menemukannya dalam lusinan bunga mawar, kotak kembang gula yang berbentuk hati, atau lirik soneta yang berbunga-bunga. Bagiku, cinta menyelinap ke dalam hatiku, tanpa pemberitahuan, tanpa hiruk-pikuk, tanpa upacara, dan cinta itu diam-diam mendirikan rumah tangga hanya untuk mengungkapkan kehadirannya dalam kebaikan hati yang biasa dan sederhana.
    - Janice Lane Palko

Semua kata-kata bijak tentang terkotak-kotak

Kata-kata di KBBI yang dekat dari kotak

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[terkotak-kotak] Makna terkotak-kotak di KBBI adalah: terbagi-bagi; terpisah-pisah; terpecah-pecah. Contoh: kaum muda hendaknya jangan berjuang.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)