Arti kata mengotak-ngotakkan menurut KBBI

mengotak-ngotakkan [me·ngo·tak-ngo·tak·kan]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: kotak.

Arti: membuat batas-batas lingkungan sehingga yang satu dengan yang lain terpisah; memecah-belah (golongan, kelompok, dan sebagainya)
contoh: 'golongan kiri berusaha mengotak-ngotakkan masyarakat agar mudah dihancurkan'

Kata bijak terpopular mengotak-ngotakkan

  • Kasta, harta, martabat, hanyalah batasan-batasan yang dibuat manusia untuk mengotak-ngotakkan diri.
    - Iwok Abqary
  • Kenapa kamu bertanya soal mobil? Ini sensus taraf perekonomian? Apa survey pelanggan? Atau, kamu mengotak-otakkan teman berdasarkan kendaraan mereka?” “Lo, marah? Aku kan cuma bertanya.


    - Irene Dyah
  • Dia adalah seorang pelukis minyak dan cat air yang antusias. Dia juga sangat murah hati. Aku bisa mengotak-atik cat dan kuasnya semauku. Dengan satu syarat: bahwa saya menjaga kuas saya tetap bersih. Satu-satunya pelajaran seni yang diberikan ibuku adalah cara mencuci kuas.
    - Barbara Cooney
  • Saya menemukan saya tidak mengajukan pertanyaan yang cukup baik karena saya berasumsi saya tahu sesuatu. Saya akan mengotak-kotakkannya ke sudut dengan pertanyaan yang dibentuk dengan buruk, dan mereka tidak tahu bagaimana cara keluar dari situ. Sekarang, saya membiarkan mereka membawa saya melewatinya selangkah demi selangkah, dan saya mendengarkan.
    - Alan Alda

Semua kata-kata bijak tentang mengotak-ngotakkan

Kata-kata di KBBI yang dekat dari kotak

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[mengotak-ngotakkan] Makna mengotak-ngotakkan di KBBI adalah: membuat batas-batas lingkungan sehingga yang satu dengan yang lain terpisah;.... Contoh: golongan kiri berusaha mengotak-ngotakkan.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)