Arti kata tata negara menurut KBBI

tata negara [ta·ta ne·ga·ra]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: seperangkat prinsip dasar yang mencakupi peraturan susunan pemerintah, bentuk negara, dan sebagainya yang menjadi dasar pengaturan suatu negara;

ketatanegaraan

Arti: ihwal tata negara (politik dan sebagainya)

  • hukum tata negara:

    keseluruhan norma hukum yang mengatur pembentukan negara, pemerintahan, perundang-undangan;

  • ilmu tata negara:

    ilmu tentang segala sesuatu mengenai pemerintahan negara, alat-alat pemerintahan (aparatur) negara, warga negara, dan sebagainya;

Kata-kata dari kata dasar tata negara

Kata bijak terpopular tata negara

  • Wajah penjara cermin hukum negara, sungguh-sungguh atau pura-pura.
    - Najwa Shihab
  • Dalam kondisi darurat korupsi, pejabat negara tetap mencuri silih berganti. Sebanyak koruptor masuk penjara, sebanyak itu pula regenerasinya menggarong negara.
    - Najwa Shihab
  • Menolak pemenuhan hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan itu sendiri. Membuat seseorang berada dalam penderitaan dengan kelaparan dan hidup yang penuh kekurangan (kemiskinan) berarti tidak memanusiakan mereka. Namun, hal-hal tersebut merupakan nasib buruk yang menimpa semua orang kulit hitam di negara kita di bawah sistem apartheid.
    - Nelson Mandela
  • Pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita, jangan sampai tni dikuasai oleh partai politik manapun juga. Ingatlah, bahwa prajurit kita bukan prajurit sewaan, bukan parjurit yang mudah dibelokkan haluannya, kita masuk dalam tentara, karena keinsyafan jiwa dan sedia berkorban bagi bangsa dan negara.
    - Jenderal Soedirman

Semua kata-kata bijak tentang tata negara

Kata-kata di KBBI yang dekat dari tata negara

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[tata negara] Makna tata negara di KBBI adalah: seperangkat prinsip dasar yang mencakupi peraturan susunan pemerintah, bentuk negara, dan sebagainya yang menjadi dasar.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)