Arti kata lubang menurut KBBI

1 lubang [lu·bang]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) liang;
  2. 2) lekuk di tanah dan sebagainya
    contoh: 'ia menggali lubang untuk menanam pisang'
  3. 3) lowongan yang ditinggalkan oleh elektron yang berpindah dalam zat padat dan bermuatan positif dan dapat menghantar arus listrik; (Fisika)

2 lubang [lu·bang]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: belut besar

  • cacah lubang: (Grafika)

    pembuatan lubang-lubang kecil berbentuk bundar, lonjong, dan sebagainya secara berderet pada kertas untuk keperluan tertentu; perforasi;

  • lubang angin:

    lubang di atas pintu atau tingkap untuk keluar masuknya angin;

  • lubang anjungan:

    lubang yang terletak di antara geladak atas dan geladak bawah; geladak antara;

  • lubang hidung:

    dua lubang yang ada di bagian bawah hidung untuk bernapas, mencium bau, dan jalan keluar lendir;

  • lubang jarum: (Kata kiasan)

    bahaya; malapetaka
    contoh: dengan melalui perjanjian yang berat, akhirnya dia lolos dari lubang jarum jarum

  • lubang kancing:

    lubang tempat kancing baju atau celana;

  • lubang kemaluan:

    lubang pada kemaluan (laki-laki atau perempuan);

  • lubang kepundan:

    mulut gunung berapi; kawah gunung;

  • lubang kulit:

    pori-pori pada kulit;

  • lubang kunci:

    lubang pada daun pintu tempat memasukkan anak kunci;

  • lubang kuping:

    lubang telinga;

  • lubang langgak: (Geografi)

    tempat air menghilang di daerah batu gamping;

  • lubang lengan:

    lubang pada bagian baju di pangkal lengan;

  • lubang muat sisi:

    lubang pada sisi kapal yang khusus digunakan untuk bongkar muat barang di geladak antara;

  • lubang palkah:

    semua lubang yang terdapat pada geladak yang berhubungan dengan palkah atau ruang muatan;

  • lubang pantat:

    dubur;

  • lubang spion:

    lubang kecil untuk mengintip;

  • lubang telinga:

    lubang pada telinga tempat gendang telinga;

  • pencacah lubang:

    alat untuk melubangi kertas agar dapat diberkas dengan alat penata;

Kata-kata dari kata dasar lubang

Peribahasa menggunakan kata lubang

  • menggali lubang menutup lubang (=meminjam uang untuk membayar utang)
  • barang siapa menggali lubang, ia akan terperosok ke dalamnya (=siapa yang berniat (berbuat) jahat thd orang lain akan mendapat kecelakaan sendiri)
  • gali lubang tutup lubang (=berutang untuk membayar utang yang lain)
  • lubang jarum (=bahaya)
  • teperlus maka hendak menutup lubang (=sesudah mendapat celaka, baru ingat akan ikhtiar')
  • mengorek lubang ulat (=sengaja mencari lantaran bertengkar)

Semua Peribahasa tentang lubang

Kata bijak dengen kata: lubang

  • Gue nih, paling nggak suka sama orang yang balikan. Udah tahu pernah gagal, kok nggak kapok? Heran. Ibaratnya udah tahu kalo jalan itu berlubang, eh tetap aja lo lewatin lagi. Udah pasti lo akan jatuh yang di lubang yang sama. - Kemal Palevi

  • Kita sering berpikir terlalu sempit, seperti katak di dasar sumur yang mengira langit itu hanya sebesar lubang atas sumur. Jika katak itu muncul ke permukaan, dia akan melihat pemandangan yang berbeda. - Mao Zedong

  • Ajarkan aku mantra pemikat cinta Ahei dan Ashima, maka akan kutaklukan penghalang segala rupa agar sampai cintaku padanya. Nafsu yang purba menyeretku ke lubang tanpa jiwa. - Asma Nadia

  • Berhenti mengkhawatirkan lubang di jalan dan nikmatilah perjalanan Anda. - Babs Hoffman

  • Gali lubang tutup lubang, mirip tabiat ibu pertiwi masing-masing. - Andrea Hirata

  • Di tempatmu dahulu, ada lubang yang menganga. Di sana, kudapati diriku selalu mondar-mandir pada siang hari, dan jatuh ke dalamnya pada malam hari. Aku sangat kehilangan dirimu. - Edna St. Vincent Millay

Semua kutipan dan kata-kata tentang lubang

Kata-kata dekat dari lubang

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[lubang] Arti kata lubang di KBBI adalah: liang;. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)