Arti kata yakin menurut KBBI

yakin [ya·kin]

Kata Adjektiva (kata sifat)
  1. 1) percaya (tahu, mengerti) sungguh-sungguh; (merasa) pasti (tentu, tidak salah lagi)
    contoh: 'hakim yakin akan kesalahan terdakwa itu ia berkata dengan yakinnya, berkata dengan pasti pada yakin ku, pada pendapatku'
  2. 2) sungguh; sungguh-sungguh
    contoh: 'yakin bukan saya yang mengambil, kalau perlu saya berani bersumpah dengan yakin belajar, belajar sungguh-sungguh'

Kata-kata dari kata dasar yakin

Kata bijak terpopular yakin

  • Beberapakali aku menemukan mimpiku sendiri terjerembab di depan pintu. Kuyup oleh hujan. Seperti pakaian kotor berulangkali kucuci dan kujemur di halaman luas. Pada saat saat seperti itu aku selalu ingat wajah dan matamu saat menatapku; selalu teduh dan meneguhkan. Maka aku yakin pada akhirnya jarak hanya memisahkan raga. Tapi ia tak pernah sanggup menjauhkan mimpi, imaji dan kenangan yang kita semat bersama dalam rindu yang paling diam.
    - Helvy Tiana Rosa
  • Ketika melupakanmu sama rumitnya dengan melupakan hujan. Ketika merasa bahagia dan sakit di waktu bersamaan, merasa yakin dan ragu dalam satu hela nafas, merasa senang sekaligus cemas secara serempak. Apakah ini yang disebut jatuh cinta?
    - Tere Liye
  • Banyak yang yakin bahwa mawar cuma tumbuh di tanah. Padahal mawar juga bisa tumbuh di hati.
    - Sujiwo Tejo
  • Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan.
    - Abdurrahman Wahid

Semua kata-kata bijak tentang yakin

Kata-kata di KBBI yang dekat dari yakin

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[yakin] Makna yakin di KBBI adalah: percaya (tahu, mengerti) sungguh-sungguh; (merasa) pasti (tentu, tidak.... Contoh: hakim yakin akan kesalahan terdakwa.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)