Arti kata senter menurut KBBI

1 senter [sen·ter]

Kata Nomina (kata benda)
Pengucapan: sénter
  1. 1) alat untuk menerangi gelap, berupa tabung dengan bola lampu kecil di ujungnya, yang tertutup kaca dan baterai untuk menyalakannya; lampu senter;
  2. 2) lampu yang dapat menyorotkan sinar jauh-jauh; lampu corong
    contoh: 'gambar senter, gambar bayangan pada lampu yang tidak bergerak gambar sorot'

2 senter [sen·ter]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: pusat; tengah; sentral

Kata-kata dari kata dasar senter

Kata bijak terpopular senter

  • Orang cerdas berdiri dalam gelap, sehingga mereka bisa melihat sesuatu yang tak bisa dilihat orang lain. Mereka yang tidak dipahami oleh lingkungannya, terperangkap dalam kegelapan itu. Orang yang tidak cerdas hidup di dalam terang. Sebuah senter menyiramkan sinar tepat di atas kepala mereka dan pemikiran mereka hanya sampai batas batas lingkaran cahaya senter itu.
    - Andrea Hirata
  • Firasatku malam itu tidak enak. Ketika aku memejamkan mata, terbayang gambaran seorang anak kecil perempuan menyeretku dan tasku. Aku segera membuka mata dan tak bisa tidur lagi. Beberapa saat kemudian, ada cahaya lampu senter yang menyala di luar dan terdengar teriakan.
    - Afsir M
  • Aku tidak bisa menghilangkan sosok itu dari pikiranku. Setengah mati aku ketakutan dan bulu kudukku merinding. Karena itu, malam ini aku tidur dengan lampu menyala. Rasanya baru menjelang pagi aku bisa tertidur. Itu pun juga dengan memegang senter dan memeluk guling erat-erat. Ketika aku membuka mata, di hari yang aku pikir sudah siang, aku kembali melihatnya.
    - Christina Juzwar
  • Cerita-cerita itu menjadi hidup saat dituturkan. Tanpa suara manusia yang membaca keras-keras, atau sepasang mata lebar terbelalak yang menyusuri huruf demi huruf dengan bantuan lampu senter di balik selimut, cerita-cerita itu tidak benar-benar eksis di dunia kita. Mereka seperti biji-bijian yang menempel di paruh burung, menunggu jatuh ke bumi, atau seperti nada-nada lagu yang dituliskan di selembar kertas, merindukan alat musik untuk menghidupkannya. Mereka tertidur semu, menanti-nanti kesempatan untuk terjaga. Begitu seseorang mulai membaca kisah-kisah itu, mereka pun mulai berubah. Mereka bisa menancapkan akar di dalam imajinasi, dan mengubah pembacanya.
    - John Connolly

Semua kata-kata bijak tentang senter

Kata-kata di KBBI yang dekat dari senter

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[senter] Makna senter di KBBI adalah: alat untuk menerangi gelap, berupa tabung dengan bola lampu kecil di ujungnya, yang tertutup kaca dan baterai.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)