Arti kata selatan menurut KBBI

selatan,
Selatan [Se·la·tan]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: mata angin yang arahnya berlawanan dengan utara; mata angin yang arahnya sebelah kanan jika kita menghadap ke timur (matahari terbit)

  • kutub selatan:

    kutub janubi;

  • lintang selatan: (Geografi)

    koordinat untuk menentukan tempat suatu titik pada suatu bulatan yang merupakan jarak lengkung dan terletak di sebelah selatan suatu garis ekuator yang ditarik pada bulatan itu;

  • lintas selatan:

    melintas; melalui daerah selatan;

Kata bijak terpopular selatan

  • Orang Amerika itu penuh curiga pada bom atom atau bom hidrogen mereka sendiri, tidak percaya pada diri mereka sendiri, dan orang Rusia juga sama-sama saling tidak percaya antara mereka, orang Asia tidak percaya pada orang Barat, dan Barat takut dan tidak percaya pada Asia. Rasialisme di Afrika Selatan, politik kulit putih Australia, curiga bangsa asing di Indonesia dan negara-negara Asia lain, diskriminasi Negro di Amerika, ini semuanya berdasar pada tidak percaya. Karena manusia tidak percaya pada manusia, tidak percaya bahwa manusia sama manusia bisa dan harus sama-sama hidup. Si komunis begitu, si demokrat begitu, si imperialis begitu, si merdeka begitu. Semuanya sama saja.
    - Mochtar Lubis
  • Ada angin dan kapuk gugur, dua-dua sudah tua pergi ke selatan.
    - W.S. Rendra
  • Kemanusiaan kadang-kadang menghubungkan seorang dari kutub utara dan seorang dari kutub selatan.
    - Pramoedya Ananta Toer
  • Takdir memang seperti ini, sangat menarik. Semula kau ingin berkelana ke utara, tapi dia malah membuatmu terbang ke selatan, bahkan berpindah dengan sukarela.
    - Giddens Ko

Semua kata-kata bijak tentang selatan

Kata-kata di KBBI yang dekat dari selatan

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[selatan] Makna selatan di KBBI adalah: mata angin yang arahnya berlawanan dengan utara; mata angin yang arahnya sebelah kanan jika kita menghadap.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)