Arti kata sekadar menurut KBBI

sekadar [se·ka·dar]

Kata Adverbia
Dari kata dasar: kadar.
  1. 1) sesuai atau seimbang dengan; menurut keadaan (kemungkinan, keperluan, dsb); sepadan (dengan)
    contoh: 'ia berbicara sekadar perlu dan pentingnya'
  2. 2) hanya untuk
    contoh: 'sekadar memperoleh ketepatan ejaan semua itu sekadar olok-olok'
  3. 3) seperlunya; seadanya
    contoh: 'hal itu akan kuceritakan sekadarnya'

Kata-kata dari kata dasar kadar

Kata bijak terpopular sekadar

  • Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan juga hidup.
    Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja.
    - Buya Hamka
  • Keadaan seluruh dunia berubah. Sekarang apa? Negara-negara komunis pun mengakomodasi kapitalisme. Perang Dingin tidak ada lagi. Saya sendiri tetap seperti dahulu, menentang ketidakadilan dan penindasan. Bukan sekadar menentang, tetapi melawan! Melawan pelecehan kemanusiaan. Saya tidak berubah.
    - Pramoedya Ananta Toer
  • Bukanlah hidup kalau sekadar untuk mencari makan, bukankah sambil bekerja seseorang bisa merenungkan suatu hal, bisa berzikir dengan ucapan yang sesuai dengan tahap penghayatan atau kebutuhan hidupnya, bisa mengamati macam-macam manusia, bisa belajar kepada sebegitu banyak peristiwa. Bisa menemukan hikmah-hikmah, pelajaran dan kearifan yang membuat hidupnya semakin maju dan baik.
    - Emha Ainun Nadjib
  • Coba kau pikirkan baik-baik. Kondisi semua orang sama saja. Sama seperti ketika kita naik pesawat rusak. Tentu saja di situ ada orang yang bernasib baik dan bernasib buruk. Ada yang tangguh, ada juga yang lemah; ada yang kaya, ada pula yang miskin. Hanya saja, tidak ada orang yang memiliki kekuatan yang jauh lebih besar daripada orang lain. Semua orang sama. Orang yang memiliki sesuatu selalu khawatir, jangan-jangan apa yang dia miliki sekarang akan hilang, sedangkan orang yang tidak memiliki apa-apa selalu cemas, jangan-jangan selamanya aku akan tetap menjadi orang yang tidak punya apa-apa. Semua orang sama! Karena itu, manusia yang menyadari hal itu lebih cepat harus berusaha menjadi sedikit lebih tangguh. Sekadar pura-pura pun tidak apa. Betul kan? Di mana pun tidak akan ada manusia yang tangguh. Yang ada hanyalah manusia yang pura-pura tangguh.
    - Haruki Murakami

Semua kata-kata bijak tentang sekadar

Kata-kata di KBBI yang dekat dari kadar

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[sekadar] Makna sekadar di KBBI adalah: sesuai atau seimbang dengan; menurut keadaan (kemungkinan, keperluan, dsb);.... Contoh: ia berbicara sekadar perlu dan.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)