Arti kata rumah sakit menurut KBBI

rumah sakit [ru·mah sa·kit]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) gedung tempat merawat orang sakit;
  2. 2) gedung tempat menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi berbagai masalah kesehatan;

rumah sakit bersalin

Arti: rumah sakit yang khusus melayani pemeriksaan ibu hamil, ibu yang akan melahirkan, dan kesehatan anak di bawah usia lima tahun
contoh: 'dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak dibangunlah rumah sakit bersalin bersalin'

rumah sakit jiwa

Arti: rumah sakit yang khusus merawat orang yang sakit jiwa
contoh: 'orang gila zaman dahulu banyak yang dipasung, tetapi sekarang telah banyak yang dibawa ke rumah sakit jiwa jiwa'

rumah sakit kanker

Arti: rumah sakit yang khusus memberikan layanan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita penyakit kanker;

rumah sakit ketergantungan obat

Arti: rumah sakit yang khusus memberikan layanan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita yang tergantung pada obat-obat terlarang;

rumah sakit khusus

Arti: rumah sakit yang memberikan layanan pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan satu macam penyakit;

rumah sakit mata

Arti: rumah sakit yang khusus memberikan layanan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita penyakit mata;

rumah sakit rujukan

Arti: rumah sakit yang ditetapkan menjadikan rujukan sebagai komponen dalam sistem pelayanan kesehatan;

rumah sakit terbang

Arti: tempat perawatan orang yang sakit, berupa pesawat terbang berisi perlengkapan medis lengkap dengan dokter dan perawatnya;

rumah sakit umum

Arti: rumah sakit yang memberikan layanan, pengobatan, perawatan bagi penderita berbagai penyakit yang dilengkapi dengan dokter ahli
contoh: 'rumah sakit umum umum akan dapat melayani berbagai pasien yang mengidap penyakit yang beraneka macam'

merumahsakitkan

Arti: membawa ke rumah sakit untuk berobat; membawa berobat ke rumah sakit
contoh: 'untuk menghindarkan wabah penyakit, dinas kesehatan selalu menganjurkan agar masyarakat segera merumahsakitkan orang yang terkena penyakit menular, seperti demam berdarah'

  • rumah sakit bersalin:

    rumah sakit yang khusus melayani pemeriksaan ibu hamil, ibu yang akan melahirkan, dan kesehatan anak di bawah usia lima tahun
    contoh: dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak dibangunlah rumah sakit bersalin bersalin

  • rumah sakit jiwa:

    rumah sakit yang khusus merawat orang yang sakit jiwa
    contoh: orang gila zaman dahulu banyak yang dipasung, tetapi sekarang telah banyak yang dibawa ke rumah sakit jiwa jiwa

  • rumah sakit kanker:

    rumah sakit yang khusus memberikan layanan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita penyakit kanker;

  • rumah sakit ketergantungan obat:

    rumah sakit yang khusus memberikan layanan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita yang tergantung pada obat-obat terlarang;

  • rumah sakit khusus:

    rumah sakit yang memberikan layanan pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan satu macam penyakit;

  • rumah sakit mata:

    rumah sakit yang khusus memberikan layanan, pengobatan, dan perawatan bagi penderita penyakit mata;

  • rumah sakit rujukan:

    rumah sakit yang ditetapkan menjadikan rujukan sebagai komponen dalam sistem pelayanan kesehatan;

  • rumah sakit terbang:

    tempat perawatan orang yang sakit, berupa pesawat terbang berisi perlengkapan medis lengkap dengan dokter dan perawatnya;

  • rumah sakit umum:

    rumah sakit yang memberikan layanan, pengobatan, perawatan bagi penderita berbagai penyakit yang dilengkapi dengan dokter ahli
    contoh: rumah sakit umum umum akan dapat melayani berbagai pasien yang mengidap penyakit yang beraneka macam

Kata-kata dari kata dasar rumah sakit

Kata bijak dengen kata: rumah sakit

  • Dan di dalam rumah sakit, ada jenis pagi yang berbeda, berisi gesekan suara selimut, mata-mata yang terbuka. Dalam banyak hal, rumah sakit tidak pernah tidur. Lampu terus menyala dan para perawat tetap berjaga, tapi meski di luar masih gelap, kau bisa tahu dunia terbangun. - Gayle Forman

  • Buat ibu-ibu yang demen banget serombongan datang ke rumah sakit tiap liburan bersama anak, apa gak takut kalo anaknya terkena infeksi nosokomial atau infeksi yang ditularkan di rumah sakit? - Ferdiriva Hamzah

  • Hidup adalah penyakit, seluruh dunia adalah rumah sakit, dan kematian adalah dokter kita. - Heinrich Heine

  • Kenapa rasa sakit yang gue rasain di rumah sakit ini nggak ada apa-apanya, nggak sebanding dengan rasa sakit dalam dada ini, ya? Semua obat-obatan ini memang bisa bikin gue sembuh, tapi dada ini tetap sesak. Hati nggak ikut sembuh. - Andori Andriani

  • Ko-ass sambil berbisnis ria udah jadi pemandangan yang biasa banget di rumah sakit. - Ferdiriva Hamzah

  • Amerika Serikat adalah rumah sakit jiwa. - Gore Vidal

Semua kutipan dan kata-kata tentang rumah sakit

Kata-kata dekat dari rumah sakit

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[rumah sakit] Arti kata rumah sakit di KBBI adalah: gedung tempat merawat orang sakit;. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)