Arti kata pribumi menurut KBBI

pribumi [pri·bu·mi]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: penghuni asli; yang berasal dari tempat yang bersangkutan;

Kata-kata dari kata dasar pribumi

Kata bijak terpopular pribumi

  • Jauh sebelum Eropa beradab, bangsa Yahudi dan Cina telah menggunakan nama marga. Adanya hubungan dengan bangsa-bangsa lain yang menyebabkan Eropa tahu pentingnya nama keluarga…Kalau pribumi tak punya nama keluarga, memang karena mereka tidak atau belum membutuhkan, dan itu tidak berarti hina. Kalau Nederland tak punya Prambanan dan Borobudur, jelas pada jamannya Jawa lebih maju daripada Nederland.
    - Pramoedya Ananta Toer
  • Seorang pelayan wanita menghidangkan susu coklat dan kue. Dan pelayan itu tidak datang merangkak-rangkak seperti pada majikan Pribumi. Malah dia melihat padaku seperti menyatakan keheranan. Tak mungkin yang demikian terjadi pada majikan Pribumi: dia harus menunduk, menunduk terus. Dan alangkah indah kehidupan tanpa merangkak-rangkak di hadapan orang lain.
    - Pramoedya Ananta Toer
  • Negeri ini sungguh-sungguh membutuhkan pemberani-pemberani yang gila, asal cerdas. Bukan yang tahu adat, yang berkepribadian pribumi, yang suka harmoni, yang saleh alim, yang nurut model kuli dan babu .
    - Y.B Mangunwijaya
  • Pribumi Hindia sangat sederhana. Takkan ada perang yang bakal mereka menangkan. Apa arti parang dan tombak di hadapan senapan dan meriam?
    - Pramoedya Ananta Toer

Semua kata-kata bijak tentang pribumi

Kata-kata di KBBI yang dekat dari pribumi

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[pribumi] Makna pribumi di KBBI adalah: penghuni asli; yang berasal dari tempat yang bersangkutan;. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)