Arti kata pedih menurut KBBI

pedih [pe·dih]

Kata Adjektiva (kata sifat)

Arti: berasa sakit, seperti luka dicuci dengan sublimat
contoh: 'lukanya terasa pedih kena obat'

  • hati:

    sakit hati bercampur sedih
    contoh: hati hatiku akibat perbuatannya yang kejam

Kata-kata dari kata dasar pedih

Kata bijak terpopular pedih

  • Kalau tuhan tidak menjadikan perhambaan dan perbudakan,tentu tidak akan timbul keinginan hendak mengejar kemerdekaan. Memang kalau tiada kesakitan, orang tidak mempunyai keinginan untuk mengejar kesenangan.Oleh itu tidak keterlaluan jika dikatakan bahawa sakit dan pedih adalah tangga menuju kejayaan.
    - Buya Hamka
  • Tahukah kamu? Hal-hal kecil sering kali membunuh kita dengan cara yang lebih besar, pelan-pelan, dalam jangka waktu Yang panjang. Semua kebiasaan itu membuatku dihantam kehilangan. Tak usah kamu tanya bagaimana sesaknya. Kamu tahu bagaimana rasanya menjabarkan sedih, tidak akan cukup jika hanya dengan sekadar kata pedih. Kehilangan membuatku tak ingin mengenali diriku sendiri. Aku berusaha untuk menjadi orang lain. Aku mencoba menikmati hari-hari yang bukan diriku lagi. Sebab, menjadi diriku artinya aku sama sekali tidak bisa melepaskanmu.
    - Boy Candra
  • Kebosanan itu kejam, tetapi kesepian lebih biadab dari pada kebosanan. Kesepian adalah salah satu penderitaan manusia yang paling pedih.
    - Andrea Hirata
  • Karena cinta ampas berubah jadi sari murni, karena cinta pedih menjadi obat. Karena cinta kematian berubah jadi kehidupan, karena cinta raja berubah menjadi hamba.
    - Jalaluddin Rumi

Semua kata-kata bijak tentang pedih

Kata-kata di KBBI yang dekat dari pedih

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[pedih] Makna pedih di KBBI adalah: berasa sakit, seperti luka dicuci dengan sublimat. Contoh: lukanya terasa pedih kena obat. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)