Arti kata patuh menurut KBBI

patuh [pa·tuh]

Kata Adjektiva (kata sifat)

Arti: suka menurut (perintah dsb); taat (pada perintah, aturan, dsb); berdisiplin
contoh: 'gadis itu sangat patuh pada agamanya rakyat selalu patuh kepada pemerintah'

Kata-kata dari kata dasar patuh

Kata bijak terpopular patuh

  • Penjara sekalipun tak bakal mampu mendidikku jadi patuh.
    - Wiji Thukul
  • Orangtua kita mengajarkan suatu nilai yang membedakan dua jenis anak, yang patuh tanpa reserve, yang pejah gesang nderek (hidup-mati ikut ), disebut "anak baik-baik", sedangkan yang mencoba rasional, memilih otoritasnya, meskipun itu justru sejalan dengan "lorong keadilan" disebut "anak nakal".
    - Emha Ainun Nadjib
  • Yang amat ajaib ialah peperangan di antara otak dan hati. Beberapa saat dia dapat dilupakan dan hati mengikut dengan patuh apa kehendak otak. Tapi bila kelihatan rumah tangganya, atau kelihatan rupanya sendiri, dan kadang-kadang bila namanya disebut orang, hati lupa akan perintah otak, ia kembali berdebar ia surut kepada kenang-kenangannya yang lama. Ini yang kerap kali mengalahkan anakanda.
    - Buya Hamka
  • Di belakang kita berdiri satu tugu yang bernama nasib, di sana telah tertulis rol yang akan kita jalani. Meskipun bagaimana kita mengelak dari ketentuan yang tersebut dalam nasib itu, tiadalah dapat, tetapi harus patuh kepada perintahnya.
    - Buya Hamka

Semua kata-kata bijak tentang patuh

Kata-kata di KBBI yang dekat dari patuh

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[patuh] Makna patuh di KBBI adalah: suka menurut (perintah dsb); taat (pada perintah, aturan, dsb); berdisiplin. Contoh: gadis itu sangat patuh pada agamanya.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)