Arti kata patriotisme menurut KBBI

patriotisme [pat·ri·ot·is·me]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya; semangat cinta tanah air
contoh: 'nasionalisme dan patriotisme amat diperlukan dalam pembangunan'

Kata bijak terpopular patriotisme

  • Kadang-kadang memang terasa olehnya bahwa heroisme dan patriotisme wanita di jaman revolusi ini terletak pada kepalangmerahan saja! Tapi ia tak akan meninggalkan kejujurannya. Ia cintai kejujurannya. Dan ia yakin melalui kejujurannya ia pun dapat berbakti kepada revolusi. Ia merasa dirinya pejuang, berjuang dengan caranya sendiri.
    - Pramoedya Ananta Toer
  • Tanah air adalah tempat penindasan diperangi, tempat perang diubah menjadi kedamaian, kira-kira begitu. Tempat kawan manusia diangkat menjadi manusiawi, oleh siapa pun yang ikhlas berkorban. Dan patriotisme masa kini adalah solidaritas dengan yang lemah, yang hina, yang miskin, yang tertindas.
    - Y.B Mangunwijaya
  • Suatu bangsa hanyalah menjadi kuat kalau patriotismenya meliputi patriotisme ekonomi. Ini memang jalan yang benar ke arah kekuatan bangsa, jalan yang jujur, jalan yang tepat.
    - Soekarno
  • Patriotisme adalah bentuk kebodohan psikopat yang merusak.
    - George Bernard Shaw

Semua kata-kata bijak tentang patriotisme

Kata-kata di KBBI yang dekat dari patriotisme

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[patriotisme] Makna patriotisme di KBBI adalah: sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan.... Contoh: nasionalisme dan patriotisme amat.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)