Arti kata nikah menurut KBBI

nikah [ni·kah]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama
contoh: 'hidup sebagai suami istri tanpa nikah merupakan pelanggaran thd agama'

  • akad nikah:

    pelaksanaan nikah dengan ijab dan kabul;

  • ijab nikah:

    pernikahan;

  • isbat nikah:

    penetapan tentang kebenaran (keabsahan) nikah
    contoh: permintaan isbat nikah nikah telah diajukannya minggu yang lalu

  • lari nikah:

    kawin lari dengan persetujuan gadis;

  • luar nikah:

    hubungan laki-laki perempuan yang tidak halal;

  • menguraikan nikah: (Minangkabau)

    menceraikan istri;

  • nikah fasid: (Agama Islam)

    pernikahan yang tidak dapat dilangsungkan atau disahkan karena perbedaan agama, calon istri dalam idah, muhrim, dan sebagainya yang melanggar aturan perkawinan dalam Islam;

  • nikah gantung:

    nikah yang dilakukan sesuai dengan syarak (terutama dalam agama Islam ), tetapi belum diresmikan oleh petugas yang berwenang (suami istri belum tinggal serumah);

  • nikah sigar: (Agama Islam)

    pernikahan dengan cara tukar-menukar calon istri di antara para wali untuk dinikahkan dengan calon suami yang telah disepakati atau untuk dirinya masing-masing dengan suatu perjanjian tanpa mahar, hukumnya haram

  • nikah siri:

    pernikahan yang hanya disaksikan oleh seorang modin dan saksi, tidak melalui Kantor Urusan Agama, menurut agama Islam sudah sah;

  • nikah tahlil:

    pernikahan yang dilakukan oleh orang ketiga untuk menghalalkan bekas suami yang telah menjatuhkan talak tiga untuk kembali kepada bekas istrinya;

  • pesta nikah:

    pesta kawin;

  • surat nikah:

    surat yang berisi penjelasan bahwa seorang perempuan dan seorang laki-laki kawin dengan sah;

  • tertib nikah:

    aturan dalam pernikahan;

  • wakil nikah:

    orang yang menggantikan laki-laki dalam melaksanakan upacara pernikahan;

Kata-kata dari kata dasar nikah

Kata bijak dengen kata: nikah

  • Baru nikah beberapa tahun kok sudah cerai aja, sinis kita pada orang yang diberitakan, karna kita mampu bertahan hanya karna tak berani bercerai. - Kang Maman (Maman Suherman)

  • Kekuatan apa yang tersimpan dalam cincin nikah? Cincin hanyalah benda bulat berlubang di tengahnya. Tengahnya kosong. Kosong seperti hati. Kosong seperti otak laki-laki. Semua berlubang. Menyisakan celah untuk dimasuki. - Irene Dyah

  • Nggak usah sok lurus gitu. Baru pacaran doang. Orang nikah aja masih bisa selingkuh, kok. - Leyla Hana

  • Semakin deket hari H, gue semakin nggak yakin kalau gue ini udah ikhlas buat nggak egois yang kayak tadi gue bilang. Gue ngerasa masih pengen bebas, masih pengen semuanya. Masih ada banyak hal yang pengen gue kejar, Bim. Masih banyak yang pengen gue lakukan. Dan komitmen buat berbakti sama suami apalagi ngedidik anak kayaknya belum ada di otak gue. Banyak temen gue yang seneng punya anak, tapi nyesel nikah cepet karena nggak punya cukup waktu buat dirinya sendiri. Kalau kayak sekarang kan gue bisa bebas ngapain aja dan bergaul sama siapa aja. Mau pulang pagi paling bokap nyokap cuma geleng-geleng kepala. Bayangin kalau udah nikah, mana mungkin gue begitu lagi? Kasihan kan, suami gue pasti cemas, anak juga terlantar. Mana tega? - Anna Triana

  • Daripada pusing mikirin target nikah, mending ikutan kuis iseng-iseng berhadiah. - Deasylawati P.

  • Kalau cewek nggak mau dianggap jadi pembantu saat udah nikah nanti, jangan menganggap pacar-pacar mereka sekarang jadi sopir atau tukang ojek. - Rhein Fathia

Semua kutipan dan kata-kata tentang nikah

Kata-kata dekat dari nikah

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[nikah] Arti kata nikah di KBBI adalah: ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran.... Contoh: hidup sebagai suami istri tanpa.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)