Arti kata monyet menurut KBBI

monyet [mo·nyet]

Kata Nomina (kata benda)
Pengucapan: monyét

Arti: kera yang bulunya berwarna keabu-abuan dan berekor panjang, kulit mukanya tidak berbulu, begitu juga telapak tangan dan telapak kakinya; Macacus synomolgus;

  • baju monyet:

    baju yang bersambung dengan celana (untuk anak-anak);

  • cacar monyet:

    cacar kecil-kecil;

  • celana monyet:

    celana yang bersambung dengan baju; celana kodok;

  • cinta monyet:

    (rasa) kasih antara laki-laki dan perempuan ketika masih kanak-kanak (mudah berubah);

  • jambu monyet:

    jambu yang bijinya berada di luar daging buah, bijinya menghasilkan mete yang digoreng sebagai penganan kecil, daunnya yang muda dimakan sebagai lalap; Anacardium occidentale

  • kandang monyet:

    bangunan kecil tempat jaga (di muka markas polisi, tentara, dsb); rumah monyet;

  • pintu monyet:

    pintu yang daunnya dua buah (di atas dan di bawah);

  • rumah monyet:

    pos penjagaan (polisi, tentara);

  • tali monyet:

    tali yang diikatkan pada laberang sekoci sebagai tempat pegangan penumpang sekoci pada waktu sekoci diturunkan;

  • tangga monyet: (Pelayaran)

    tangga tali dengan anak tangga yang terbuat dari kayu ringan, digunakan untuk naik atau turun sekoci dalam keadaan bahaya;

Peribahasa menggunakan kata monyet

  • monyet mendapat bunga, adakah ia tahu akan faedah bunga itu? (=tidak tahu menghargai suatu barang yang bagus)
  • kera men-jadi monyet (=sama saja halnya)
  • seperti kera dengan monyet (=setali tiga uang, jadi sama saja')
  • kera belanda menjadi monyet (=sama saja)

Semua Peribahasa tentang monyet

Kata bijak dengen kata: monyet

  • Bahwa ada yang bilang kita ini turunan monyet Turunan dewa, turunan setan sekalipun Buatku bukan menjadi alasan untuk bermusuhan Apalagi saling membunuh. - Iwan Fals

  • Cinta monyet: Aku mencintaimu karena aku membutuhkanmu. Cinta sejati: Aku membutuhkanmu karena aku mencintaimu. - Erich Fromm

  • Orang bilang, wanita itu seperti monyet. Tidak akan melepaskan satu dahan sebelum dia menemukan pegangan pada dahan yang lain. Tidak akan melepaskan pria yang dia punya, sebelum dia bertemu pria lain. - Irene Dyah

  • cinta pertama gue emang nggak kayak film Shrek yang forever after itu. Cinta gue berakhir dengan pahit. Layu sebelum berkembang! Gugur bunga banget! Sialan,cinta pertama memang pantas dibilang cinta monyet. Karena yang berhasil ngedapetin cinta pertama cuma monyet doang! - Ferdinand Rama

  • Kucoba-coba melempar monyet.. monyet kulempar, singa kudapat - Yudhi Herwibowo

  • Cinta monyet: "Aku mencintai karena aku dicintai" ;. Cinta sejati: "Aku dicintai karena aku mencintai." Cinta monyet: "Aku mencintaimu karena aku membutuhkanmu." Cinta sejati: "Aku membutuhkanmu karena aku mencintaimu. - Henry van Dyke

Semua kutipan dan kata-kata tentang monyet

Kata-kata dekat dari monyet

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[monyet] Arti kata monyet di KBBI adalah: kera yang bulunya berwarna keabu-abuan dan berekor panjang, kulit mukanya tidak berbulu, begitu juga telapak.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)