Arti kata merata-ratakan menurut KBBI

merata-ratakan [me·ra·ta-ra·ta·kan]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: rata.

Arti: membuat (angka) rata-rata; menghitung untuk memperoleh angka rata-rata; menjumlahkan, lalu membaginya dengan banyaknya unsur yang menjadikan jumlah itu
contoh: 'dalam 3 kali ulangan, nilainya 7, 5, 6, dan jika dirata-ratakan menjadi 7 + 5 + 6 dibagi 3, atau menjadi 6'

Kata bijak terpopular merata-ratakan

  • Manusia itu sama seperti gedung. Lantai dasarnya adalah jiwa dan sikap. Awalnya manusia berpikir, setetes noda tidak akan jadi masalah. Cuma setetes itu. Lalu berlanjut dan terus berlanjut. Hingga lama kelamaan, bercak hitam mulai memenuhi tiap jengkal lantai serta meresap ke dalam. Kita tidak tahu, yang harus dilakukan hanyalah menebarkan bedak putih yang murni. Untuk menyerap oli juga sikap buruk. Ratakan dengan sapu sikat. Proses ini tidak hanya ada satu kali. Perlu berkali-kali agar mendapatkan hasil maksimal. Noda meresap pada laintai hitam pekat ini saja bisa dibersihkan. Mengapa tidak dengan sikapmu? Jika kau saja lelah. Lalu sikap seperti apa yang kau harap ditunjukkan oleh orang di sekitarmu?
    - Catz Link Tristan
  • Prostitusi bukan hanya soal dosa, tapi soal keadilan nafkah yang tak merata.
    - Najwa Shihab
  • Seorang sosialis adalah seseorang yang tidak memiliki apa-apa, dan siap untuk membaginya secara merata di antara semua orang.
    - George Bernard Shaw
  • Sifat tak terpisahkan dari kapitalisme adalah pembagian berkat yang tidak merata; kebajikan yang melekat pada sosialisme adalah pembagian penderitaan yang setara.
    - Winston Churchill

Semua kata-kata bijak tentang merata-ratakan

Kata-kata di KBBI yang dekat dari rata

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[merata-ratakan] Makna merata-ratakan di KBBI adalah: membuat (angka) rata-rata; menghitung untuk memperoleh angka rata-rata;.... Contoh: dalam 3 kali ulangan, nilainya.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)