Arti kata menyesal menurut KBBI

menyesal [me·nye·sal]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: sesal.

Arti: merasa tidak senang atau tidak bahagia (susah, kecewa, dan sebagainya) karena (telah melakukan) sesuatu yang kurang baik (dosa, kesalahan, dan sebagainya)
contoh: 'jangan menyesal kelak kalau engkau tidak lulus ujian tahun ini'

Peribahasa menggunakan kata menyesal

  • mati tidak akan menyesal, luka tidak akan menyiuk
    =sudah berketetapan hati untuk melakukan sesuatu dan tidak akan menyesal atau mengumpat kemudian jika timbul peris-tiwa yang tidak baik karena perbuatan itu

Semua Peribahasa tentang menyesal

Kata bijak terpopular menyesal

  • Jika mereka bertanya padaku apakah aku menyesal, jawabanku adalah tidak. Berhasil ataupun gagal, aku bangga hidup di atas keputusan yang kubuat sendiri.
    - Fiersa Besari
  • Aku tak pernah menyesal akan keputusanmu memilihnya. Yang aku sesalkan, tiada setitikpun kesempatan bagiku untuk membuatmu bahagia.

    - Wira Nagara
  • Jadilah seperti lilin, yang tidak pernah menyesal saat nyala api membakarmu. Jadilah seperti air yang mengalir sabar. Jangan pernah takut memulai hal baru.
    - Tere Liye
  • Barang siapa menempatkan dirinya ditempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya.
    - Umar bin Khattab

Semua kata-kata bijak tentang menyesal

Kata-kata di KBBI yang dekat dari sesal

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[menyesal] Arti menyesal di KBBI adalah: merasa tidak senang atau tidak bahagia (susah, kecewa, dan sebagainya) karena (telah.... Contoh: jangan menyesal kelak kalau engkau.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)