Arti kata menyangka menurut KBBI

menyangka [me·nyang·ka]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: sangka.
  1. 1) menduga; mengira
    contoh: 'kami menyangka dia orang Belanda, nyatanya orang Jerman'
  2. 2) mencurigai; menaruh syak
    contoh: 'polisi menyangka pemuda itu terlibat dalam penyalahgunaan narkotik'

Kata-kata dari kata dasar sangka

Kata bijak terpopular menyangka

  • Barang siapa menempatkan dirinya ditempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya.
    - Umar bin Khattab
  • Di balik setiap pria sukses, berdiri sang mertua yang tak menyangka.
    - Hubert Humphrey
  • Kau tahu apa yang lebih menyakitkan daripada sebuah kehilangan? Menyangka bahwa hal itu tidak akan pernah terjadi, tetapi akhirnya tiba-tiba saja itu terjadi padamu. Tanpa pertanda. Tanpa peringatan. Tanpa sebuah aba-aba dan petunjuk bahwa sesaat lagi kau akan ditinggalkan. Oleh orang yang kau cintai. Oleh orang yang kau (kira) juga mencintaimu. Yang selama bertahun-tahun menumbuhkan perasaan cinta kepadamu, bahkan mengajarimu cara mencintai seseorang dengan baik dan menjaga cinta itu. Ditinggalkan oleh orang yang mengajarimu agar terus bertahan dengan cinta yang kau miliki, dan tak akan pernah meninggalkannya walau bagaimanapun keadaannya.
    - Bernard Batubara
  • Mustafa bin Meksum kembali melemparkan pandangan ke arah laut. Ia tak menyangka kematiannya akan datang secepat itu. Ia memang sudah berhenti membunuh orang dan berniat untuk pensiun dan menjalankan kehidupan sebagaimana manusia normal, tetapi bukan berarti ia sudah siap untuk menyambut malaikat maut. Ia masih ingin mengendarai mobilnya sendiri mengelilingi kota dan bermain golf dan membaca banyak novel.
    - Bernard Batubara

Semua kata-kata bijak tentang menyangka

Kata-kata di KBBI yang dekat dari sangka

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[menyangka] Arti menyangka di KBBI adalah: menduga; mengira. Contoh: kami menyangka dia orang Belanda,.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)