Arti kata membekas menurut KBBI

membekas [mem·be·kas]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: bekas.
  1. 1) meninggalkan bekas
    contoh: 'telapak tangannya membekas pada dinding tembok yang pernah dipegangnya'
  2. 2) memberikan kesan yang kuat
    contoh: 'nasihat guru membekas dalam hatiku, tidak akan terlupakan'

Kata-kata dari kata dasar bekas

Kata bijak terpopular membekas

  • Ketika seseorang berhenti menangis karenanya, maka beberapa saat kemudian, tentu saja airmatanya akan kering di pipi, isaknya akan hilang disenyap, seperti tidak ada lagi sisa tangisnya di wajah. Tetapi tangisan itu tetap tertinggal di hati. Kesedihan, rasa sakit, kesendirian, beban yang membekas.
    - Tere Liye
  • Yang membekas dari lilin bukan lelehnya, kekasih, tapi wajahmu sebelum gelap.
    - Sujiwo Tejo
  • Kalau pengajian-pengajian itu jelas pengaruhnya pada jamaah sih tidak masalah. Ini tidak. Pengajian-pengajian yang begitu intens dan begitu tinggi volumenya itu sepertinya hanya masuk kuping kanan dan langsung keluar lagi dari kuping kiri. Tak membekas. Buktinya mereka yang bakhil ya tetap bakhil; yang hatinya kejam ya tetap kejam; yang suka berkelahi dengan saudaranya ya masih terus berkelahi; yang bebal terhadap penderitaan sesama juga tidak kunjung menjadi peka; yang suka menang-menangan ya tidak insaf. Pendek kata, seoalah-olah tidak ada korelasi antara pengajian dengan mental yang diberi pengajian.
    - Achmad Mustafa Bisri
  • Hanya sebuah kata. Cinta. Telah sanggup mengubah banyak nasib. Banyak kehidupan. Menjebak jiwa-jiwa kesepian dalam racun yang manusia. Lalu memberikan rasa sakit dan pedih yang luar biasa menakutkan. Luka membekas. Tanggung jawab yang semakin besar.
    - Putu Felisia

Semua kata-kata bijak tentang membekas

Kata-kata di KBBI yang dekat dari bekas

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[membekas] Makna membekas di KBBI adalah: meninggalkan bekas. Contoh: telapak tangannya membekas pada.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)