Arti kata ketegangan menurut KBBI

ketegangan [ke·te·gang·an]

Kata Nomina (kata benda)
Dari kata dasar: tegang.

Arti: hal (keadaan) tegang; pertentangan yang keras
contoh: 'perbedaan pendapat antara mereka menimbulkan ketegangan kembali segala ketegangan pikiran harus dihilangkan'

  • peredaan ketegangan:

    situasi meredanya permusuhan antara dua negara atau lebih akibat adanya perjanjian atau perubahan taktik dan strategi nasional negara-negara bersangkutan;

Kata bijak terpopular ketegangan

  • Bangsa Indonesia (Saya) berjanji pada diri Beograd (sendiri) untuk bekerja mencapai suatu Dunia yang lebih baik, suatu Dunia yang bebas dari sengketa dan ketegangan, suatu Dunia di mana anak-anak dapat tumbuh dengan bangga dan bebas, suatu Dunia di mana keadilan dan kesejahteraan berlaku untuk semua orang. Adakah suatu bangsa menolak janji semacam itu?
    - Soekarno
  • Biarlah hati ini patah karena sarat dengan beban, dan biarlah dia meledak karena ketegangan.
    - Pramoedya Ananta Toer
  • Tidak ada rumah tangga yang tanpa konflik sama sekali. Bahkan meskipun kau memiliki komitmen terhadap pasanganmu, akan masih ada saat-saat ketika di antara kalian ada ketegangan, air mata, pertengkaran, ketidakcocokan, dan ketidaksabaran. Komitmen tidak menghapuskan kodrat manusiawi kita. Itu kabar buruk, tetapi realistik.
    - Charles Swindoll
  • Biarlah hati ini patah karena sarat dengan beban, dan biarlah dia meledak karena ketegangan. Pada akhirnya perbuatan manusia menentukan, yang mengawali dan mengakhiri. Bagiku, kata-kata hiburan hanya sekedar membasuh kaki. Memang menyegarkan. Tapi tiada arti. Barangkali pada titik inilah kita berpisah.
    - Pramoedya Ananta Toer

Semua kata-kata bijak tentang ketegangan

Kata-kata di KBBI yang dekat dari tegang

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[ketegangan] Makna ketegangan di KBBI adalah: hal (keadaan) tegang; pertentangan yang keras. Contoh: perbedaan pendapat antara mereka.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)