Arti kata kawin menurut KBBI

1 kawin [ka·win]

Kata Verbia (kata kerja)
  1. 1) membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri; menikah
    contoh: 'ia kawin dengan anak kepala kampung'
  2. 2) melakukan hubungan kelamin; berkelamin (untuk hewan); (Kata Verbia (kata kerja))
  3. 3) bersetubuh (Kata Verbia (kata kerja), Kata percakapan)
    contoh: 'kawin sudah, menikah belum'
  4. 4) perkawinan; (Kata Nomina (kata benda))
  • batu kawin:

    biaya yang dibayarkan kepada pejabat resmi yang menikahkan dan meresmikan perkawinan mempelai;

  • bini kawin:

    wanita yang dikawin secara resmi dan sah;

  • cincin kawin:

    cincin polos, biasanya tidak berpermata yang pada bagian dalamnya ada nama suami atau istri sebagai tanda sudah menikah;

  • harga kawin:

    maskawin;

  • harta kawin:

    benda-benda berharga atau uang yang harus diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak wanita dalam proses perkawinan;

  • isi kawin:

    maskawin; mahar;

  • jaya kawijayan: (Jawa)

    ilmu (pengetahuan) tentang cara-cara memperoleh kemenangan dalam menghadapi lawan atau musuh (dalam pertempuran, perkelahian, dsb);

  • kandang kawin:

    kandang tempat mengawinkan ternak atau mengambil (menampung) mani pejantan dengan cara memancingnya dengan hewan betina agar timbul birahi;

  • kawin acak:

    keadaan yang memungkinkan terjadinya perkawinan antara jantan dan betina dewasa secara acak;

  • kawin amanua:

    kawin masuk;

  • kawin angkat bapak:

    perkawinan antara seorang wanita yang sedang hamil di luar perkawinan yang sah dan seorang pemuda yang bersedia mengawini wanita itu, kadang-kadang dengan bayaran atau upah;

  • kawin bantu:

    perkawinan antarhewan jantan;

  • kawin batin:

    perkawinan yang tidak disahkan oleh penghulu;

  • kawin belis:

    perkawinan dengan istri pindah ke rumah suami dan menjadi anggota kerabat suaminya;

  • kawin campur: (Sosial)

    perkawinan di antara dua pihak yang berbeda agama, kebudayaan, golongan, atau suku bangsa;

  • kawin gantung:
    1. 1) perkawinan yang sudah sah, tetapi suami dan istri belum boleh serumah (masih tinggal di rumah masing-masing);
    2. 2) perkawinan yang belum diresmikan penuh (pengesahannya ditunda setelah dewasa);
  • kawin kantor:

    perkawinan yang dilaksanakan di kantor catatan sipil;

  • kawin kontrak:

    kawin berjangka;

  • kawin lari:

    perkawinan dengan cara melarikan gadis yang akan dikawininya dengan persetujuan gadis itu untuk menghindarkan diri dari tata cara adat yang dianggap berlarut-larut dan memakan biaya yang terlalu mahal;

  • kawin liwat:

    kawin angkat bapak;

  • kawin masuk:

    perkawinan dengan suami memasuki rumah tangga keluarga istri;

  • kawin mutah: (Agama Islam)

    perkawinan yang berdasarkan perjanjian dalam jangka waktu tertentu (yang dilarang dalam agama);

  • kawin roko:
    1. 1) kawin lari yang dilakukan atas dasar kemauan bersama untuk menutup rasa malu karena calon pengantin laki-laki tidak mampu memberikan maskawin;
    2. 2) kawin lari yang dilakukan atas dasar kemauan calon suami dan calon istri karena orang tua si gadis tidak menyetujuinya;
  • kawin sirih pinang:

    bentuk perkawinan dengan cara suami tinggal di tempat orang tua istri dan membantu pekerjaan orang tua itu sampai mahar yang harus dibayarnya dapat dilunasi (di Timor);

  • kawin sumbang:

    perkawinan antara kerabat terdekat yang tidak diizinkan oleh hukum, adat, atau agama;

  • kawin suntik:

    pembenihan dengan jalan memasukkan benih jantan (sperma) ke dalam vagina dengan menggunakan (dengan bantuan) alat suntik (tidak melalui hubungan seksual); inseminasi;

  • kawin tambahan:

    kawin angkat bapak (di Jawa Barat);

  • kawin tukar gadis: (Antropologi)

    adat perkawinan yang menuntut seorang pria yang melamar seorang wanita menyediakan seorang saudara wanita dari kerabatnya sendiri untuk dikawinkan dengan seorang pria dari kerabat calon istrinya;

  • kerabat kawin: (Antropologi)

    kerabat berdasarkan ikatan perkawinan;

  • masa kawin:

    jarak waktu antara perkawinan pertama sampai perkawinan terakhir pada masa bunting;

  • musim kawin:

    periode waktu ternak betina dewasa berahi dan saatnya dikawini oleh jantannya;

  • pesta kawin:

    pesta merayakan perkawinan;

  • surat kawin:

    surat nikah;

  • usia kawin:

    usia yang dianggap cocok secara fisik dan mental untuk kawin (kira-kira di atas 20 tahun);

Kata bijak dengen kata: kawin

  • Jumlah hutang-piutang antara dua orang yang kawin tak mungkin dapat dihitung. Itu adalah hutang tak terbatas, yang hanya dapat dilunasi di akhirat yang abadi. - Johann Wolfgang von Goethe

  • Alangkah naïf jika hidup hanya berkisar pada sekolah, tumbuh meremaja, kuliah dan dapat gelar sarjana, lalu kawin dan punya keturunan. - Khrisna Pabichara

  • Dijodohin itu kalau kamu dipaksa kawin kayak Siti Nurbaya. Ibu sih nggak akan maksa kamu. Cuma ketemu aja, kan nggak ada salahnya? Itung-itung menyambung tali silaturahmi. - Nurilla Iryani

  • Cinta, makan tuh cinta. Masih kecil pada mau kawin. - Nima Mumtaz

  • Kawin aja pakai aneh-aneh. Unik sama norak itu beda tipis. Kalo lo gagal unik, ya, pasti akan jadi norak maksimal. - Annisa Andrie

  • Marsya memang cantik, Ga, tapi kalo kerjaannya cuma belanja pakai duit lo, buat apaan? Mending lo tinggalin! Lo harus mulai mikirin masa depan, Ga. Lo udah dewasa, udah waktunya mikirin kawin! - Ria N. Badaria

Semua kutipan dan kata-kata tentang kawin

Kata-kata dekat dari kawin

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[kawin] Makna kawin di KBBI adalah: membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri; menikah. Contoh: ia kawin dengan anak kepala kampung. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)