Arti kata jeruji menurut KBBI

jeruji [je·ru·ji]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: kayu atau besi yang dipasang berdiri dan berjarak (pada jendela, pintu, dan sebagainya) sehingga terdapat celah-celah; terali; kisi-kisi

Kata bijak terpopular jeruji

  • Cinta ternyata penjara dengan jeruji kasih sayang, maka kau kerap menangis tanpa merasa di bui, kekasih.
    - Sujiwo Tejo
  • Banyak cara orang mendapatkan hidayah dan cinta, bukankah Allah yang menghidupkan dan mematikan mereka juga Maha Luas Cinta-Nya? Setitik dari cinta yang telah diturunkan telah menggugah bagian terdalam jiwa. Membebaskannya dari jeruji hitam putih yang selama ini mengurung.
    - Asma Nadia
  • Gerak-geriknya mutlak dibatasi, di balik dinginnya jeruji besi. Itulah fungsinya pemenjaraan, sebagai bentuk penghukuman.
    - Najwa Shihab
  • Siapa yang memasang kandang itu? Siapa yang menggantungnya dengan jeruji, pintu? Mengapa orang-orang di dalam ingin keluar? Mengapa orang-orang di luar ingin masuk? Apa ini menangis di dalam dan luar sepanjang waktu? Apa pemukulan yang tak berujung dan tak berguna ini pada sayap, pintu, dan sangkar ini?
    - Carl Sandburg

Semua kata-kata bijak tentang jeruji

Kata-kata di KBBI yang dekat dari jeruji

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[jeruji] Makna jeruji di KBBI adalah: kayu atau besi yang dipasang berdiri dan berjarak (pada jendela, pintu, dan sebagainya) sehingga terdapat celah-celah;.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)