Arti kata jengkel menurut KBBI

jengkel [jeng·kel]

Kata Adjektiva (kata sifat)
Pengucapan: jéngkél

Arti: kesal (tentang perasaan); mendongkol
contoh: 'saya merasa jengkel karena ia tidak mau mengindahkan nasihat saya'

Kata-kata dari kata dasar jengkel

Kata bijak terpopular jengkel

  • Jika Anda jengkel terhadap setiap gesekan, bagaimana cermin Anda akan dipoles.
    - Jalaluddin Rumi
  • Sebagai manusia, kemarahan adalah bagian dari pikiran kita. Rasa jengkel juga bagian dari pikiran kita. Tapi kamu bisa melakukannya; kemarahan datang dan pergi. Jangan pernah menyimpannya; di dalam dirimu yang terdalam, lalu menciptakan banyak kecurigaan, banyak ketidakpercayaan, banyak hal-hal yang negatif, lebih banyak kekhawatiran.
    - Dalai Lama XIV
  • Saat aku jengkel, aku akan melihat sifat buruk manusia termasuk diriku.
    - Pidi Baiq
  • … dibalik sifat evil itu, tidak bisa dipungkiri kalau kami merasakan kasih sayang dan kepeduliannya lewat cara Bu Nana mengajar, bersikap dan memperlakukan kami. Beliau benar-benar bagai ibu kami di sekolah. Maksud gue, beliau sama cerewetnya dengan mami di rumah. Sama ‘kejam’nya dengan begitu sering menghukum kami kayak Mami. Walau pada akhirnya di setiap akhir ceramahnya selalu saja ada sebuah nasihat yang terselip. Dan, walau pada akhirnya gue tahu hukuman itu adalah upaya beliau untuk membuat kami jera dan tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Meskipun kami jengkel harus berdiri di depan kelas, menyapu halaman sekolah, berlari memutari lapangan sekolah, sungguh kami tidak bisa memungkiri, kami sayang Bu Nana sama kayak Mami. Se-evil-nya Mami, kami tetap enggak bisa buat enggak sayang sama beliau. Dan se-killer-nya Bu Nana, kami tetap sayang sama beliau.
    - Adlizscha

Semua kata-kata bijak tentang jengkel

Kata-kata di KBBI yang dekat dari jengkel

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[jengkel] Makna jengkel di KBBI adalah: kesal (tentang perasaan); mendongkol. Contoh: saya merasa jengkel karena ia.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)