Arti kata jelata menurut KBBI

jelata [je·la·ta]

Kata Adjektiva (kata sifat)

Arti: bukan bangsawan atau hartawan (tentang rakyat, orang); biasa

  • rakyat jelata:

    rakyat biasa (bukan bangsawan, bukan hartawan); orang kebanyakan;

Kata bijak terpopular jelata

  • Diperlukan niat dan semangat yang kuat untuk menjadi caleg. Dia tidak boleh egois, memikirkan sendiri atau golongannya. Jadi caleg itu adalah cita-cita luhur yang diembankan kepada orang-orang yang dikaruniai Tuhan dengan kecerdasan dan kebajikan di dalam hatinya. Merekalah yang rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara, demi menjaga pilar-pilar demokrasi, demi tegaknya demokrasi di negeri tercinta ini. Negeri yang diperjuangkan dengan darah dan air mata oleh para pahlawan dan orang-orang jelata. Negeri kita yang tercinta. REPUBLIK INDONESIA!
    - Hapsari Hangarini
  • Aku mengucap kepada hidup yang jelata
    M E R D E K A..!!!
    - Wiji Thukul
  • Kasta pemisah antara bangsawan dan rakyat jelata sengaja diciptakan oleh Belanda. Politik devide et impera merupakan taktik mereka mencegah timbulnya persatuan dan kesatuan di kalangan pribumi.
    - Irma Devita
  • Ksatria itu mulai memunguti kesemek dengan sigap dan menaruhnya ke dalam keranjang. Buah-buahan itu sudah matang sempurna dan siap dimakan. Tak ada seorang gadis rakyat jelata pun yang berani berbicara dengan seorang samurai, meskipun dari pangkat terendah.
    - Mitsugu Saotome

Semua kata-kata bijak tentang jelata

Kata-kata di KBBI yang dekat dari jelata

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[jelata] Makna jelata di KBBI adalah: bukan bangsawan atau hartawan (tentang rakyat, orang); biasa. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)