Arti kata gigi menurut KBBI

gigi [gi·gi]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) tulang keras dan kecil-kecil berwarna putih yang tumbuh tersusun berakar di dalam gusi dan kegunaannya untuk mengunyah atau menggigit;
  2. 2) sesuatu yang bentuknya seperti gigi
    contoh: 'gigi sisir gigi gergaji'
  3. 3) kekuasaan (Kata kiasan)
    contoh: 'ia mulai memperlihatkan (menunjukkan) giginya'
  • akar gigi:

    pangkal gigi yang di dalam gusi;

  • dokter gigi:

    dokter yang mempunyai keahlian dalam pengobatan gigi;

  • ekstraksi gigi:

    pencabutan gigi;

  • gigi air: (Kata kiasan)

    tepi sebagai pertemuan air laut dengan lengkung langit;

  • gigi asu:

    taring;

  • gigi bungsu:

    gigi geraham yang tumbuhnya paling akhir;

  • gigi hutan: (Kata kiasan)

    gigi depan yang besar-besar mirip kapak;

  • gigi laut: (Kata kiasan)

    batas air laut pada waktu pasang naik;

  • gigi palsu:

    gigi buatan;

  • gigi seri:

    gigi pengiris;

  • gigi sulung:

    gigi yang mula-mula tumbuh;

  • gigi sumbi:
    1. 1) gigi tambahan;
    2. 2) gigi buatan;
  • gigi susu:

    gigi sementara pada manusia atau hewan muda mamalia yang nanti akan tanggal dan diganti oleh gigi tetap (disebut gigi susu karena warnanya putih seperti susu);

  • gigi telur:

    lapisan berkeratin pada ujung paruh atas anak ayam yang baru menetas;

  • jual gigi:

    tertawa keras-keras;

  • kuspis gigi:

    tonjolan pada mahkota gigi

  • mahkota gigi:

    bagian gigi sebelah atas;

  • menunjukkan gigi:

    memperlihatkan kekuasaan (keberanian, kebolehan);

  • pasta gigi:

    bahan gosok gigi, tapal gigi

  • pencungkil gigi:

    tusuk gigi

  • pengorek gigi:

    lidi dan sebagainya pencungkil sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi;

  • puncak gigi:

    bagian gigi yang sebelah atas;

  • roda gigi:

    logam berbentuk bulat pipih yang pinggirannya bergerigi;

  • sampul gigi:

    pembalut gigi;

  • tahi gigi:

    kotoran yang melekat di sela gigi;

  • tapal gigi:

    bahan pembersih gigi; pasta gigi

  • terkancing gigi:

    kejang mulut sehingga giginya tidak dapat dibuka;

  • tulang gigi:

    tulang pembentuk gigi pada mahkota yang dilindungi oleh email dan pada akar gigi dilindungi oleh semen; dentin;

  • tusuk gigi:

    peranti (sebesar semat) terbuat dari kayu atau bambu, dipakai untuk membersihkan kotoran pada celah-celah gigi (setelah makan);

  • unjuk gigi: (Kata percakapan)

    menunjukkan kekuatan (kepandaian, kekuasaan, kemarahan, dan sebagainya)
    contoh: semua penonton tidak menduga bahwa Persija unjuk gigi gigi di babak final

Kata-kata dari kata dasar gigi

Peribahasa menggunakan kata gigi

  • gigi dengan lidah adakalanya bergigit juga (=suami istri (sanak saudara, sahabat karib, dan sebagainya) adakalanya bertengkar juga)
  • gigi tanggal rawan murah (=keinginan timbul setelah tidak ada kesempatan lagi)
  • lunak gigi dari lidah (=sangat lemah lembut (merendahkan diri dan sebagainya))

Semua Peribahasa tentang gigi

Kata bijak dengen kata: gigi

  • Karena belum pernah ada seorang filsuf yang bisa menanggung sakit gigi dengan sabar. - William Shakespeare

  • Pake kacamata tebal, nenteng buku tebal plus pake kawat gigi. Aku kira orang kayak ginian udah punah di zaman orde baru dulu. - Eva Sri Rahayu

  • Nggak usah nonton film horor kita juga tahu, muka mahluk halus nggak ada yang cakep. Gilabanget kalo gue mesti tunggu kuntilanak atau apa pun di kamar mandi sekolah menunjukkan mukanya. Gimana kalau tulang hidungnya bolong? Pipinya sobek sampai kelihatan gigi? Atau kulit mukanya terkelupas? - Eve Shi

  • Gigi adalah harga diri seekor buaya. - Nurul Pertiwi

  • Kualitas gigi milik anak-anak nakal sangat bagus untuk kesehatan para drakula. - Nurul Pertiwi

  • Hm... begitu, ya. Yotsuya-san mengangguk kecil lalu berbalik tanpa melihat ke arahku. Aku tiba-tiba terdiam karena kaget. Saat Utako-san memanggilnya, dia mengucapkan kata-kata yang tak bisa dipercaya sebelum menghilang ke ruang teknik. Selanjutnya, aku akan coba bertanya pada gigi. - Sakaki Tsukasa

Semua kutipan dan kata-kata tentang gigi

Kata-kata dekat dari gigi

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[gigi] Arti kata gigi di KBBI adalah: tulang keras dan kecil-kecil berwarna putih yang tumbuh tersusun berakar di dalam gusi dan kegunaannya untuk.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)