Arti kata cemburu menurut KBBI

cemburu [cem·bu·ru]

Kata Adjektiva (kata sifat)
  1. 1) merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya; sirik
    contoh: 'ia cemburu melihat madunya berjalan berduaan dengan suaminya'
  2. 2) kurang percaya; curiga (karena iri hati)
    contoh: 'istrinya selalu cemburu kalau suaminya pulang terlambat'
  • cemburu buta:

    sangat cemburu;

Kata bijak terpopular cemburu

  • Bukankah hidup ini sebetulnya mudah? Jika rindu, datangi. Jika tidak senang, ungkapkan. Jika cemburu, tekankan. Jika lapar, makan. Jika mulas, buang air. Jika salah, betulkan. Jika suka, nyatakan. Jika sayang, tunjukkan. Manusianya yang sering kali mempersulit segala sesuatu. Ego mencegah seseorang mengucap "Aku membutuhkanmu".
    - Fiersa Besari
  • Sesungguhnya kebahagiaan itu tak abadi. Di balik gelak tawa, tak terhitung berapa kali pertengkaran dijalani, rasa cemburu yang membakar, posesif begitu meningkat, kecurigaan menjadikan hari-hari seperti penuh kerikil tajam untuk dilewati dan sebagainya.
    - Desi Puspitasari
  • Bagian terbaik dari jatuh cinta bukan tentang memiliki. Jadi, kenapa kamu sakit hati setelahnya? Kecewa? Marah? Benci? Cemburu? Jangan-jangan karena kamu tidak pernah paham betapa indahnya jatuh cinta.
    - Tere Liye
  • Bersamamu adalah hal terindah di hidupku. Tentang perasaan lain yang ikut hadir, cemburu, dan rindu. Tapi aku suka sensasinya, seperti mencium aroma sehabis hujan. Hal-hal seperti itu yang membuatku tidak bisa jauh darimu.
    - Mahir Pradana

Semua kata-kata bijak tentang cemburu

Kata-kata di KBBI yang dekat dari cemburu

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[cemburu] Makna cemburu di KBBI adalah: merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya; sirik. Contoh: ia cemburu melihat madunya berjalan.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)