W.S. Rendra

W.S. Rendra

Penyair dari Indonesia

Lahir: 1935-2009

Kutipan: W.S. Rendra

Kutipan 1 s/d 10 dari 28.

Tentang W.S. Rendra

Willibrordus Surendra Broto Rendra atau lebih dikenal dengan nama W.S. Rendra merupakan seorang sastrawan, penyair, penulis puisi serta aktor dari Indonesia. W.S Rendra lahir di Solo, tanggal 7 November 1935 dan meninggal di Depok, Jawa Barat pada tanggal 6 Agustus 2009.

Ayahnya bernama R. Cyprianus Sugeng Brotoatmojo yang merupakan seorang guru bahasa di Solo dan ibunya bernama Raden Ayu Catharina Ismadillah, seorang penari serimpi di Keraton Surakarta Hadiningrat.

Tahun 1967, Rendra mendirikan Bengkel Teater yang bertempat di Yogyakarta, namun Bengkel Teater lalu dipindah ke Depok pada Oktober 1985.

Beberapa karyanya antara lain Orang-Orang di Tikungan Jalan (1954), SEKDA (1977), Mastodon dan Burung Kondor (1972), Ballada Orang-Orang Tercinta (Kumpulan Sajak), Sajak-Sajak Sepatu Tua, Nyanyian Orang Urakan dan masih banyak lagi karya lainnya.

Beberapa penghargaan berhasil diraihnya antara lain meraih Hadiah Pertama Sayembara Penulisan Drama dari Bagian Kesenian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan di Yogyakarta pada tahun 1954, meraih Hadiah Sastra Nasional BMKN di tahun 1956, meraih Penghargaann Adam Malik di tahun 1989, meraih Penghargaan Achmad Bakri di tahun 2006 dan beberapa penghargaan lainnya.

  • ws-rendra
  • sebuah-sangkar-besi-tidak-bisa-mengubah-rajawali-menjadi-seekor-burung
  • bukan-maut-yang-menggetarkan-hatiku-tetapi-hidup-yang-tidak-hidup-karena
  • sumber-keamanan-seharusnya-hukum-dan-akal-sehat-keamanan-yang-berdasarkan
  • hidup-dalam-khayalan-hidup-dalam-kenyataan-tak-ada-bedanya-karena-khayalan
  • bukankah-kehidupan-sendiri-adalah-bahagia-dan-sedih-bahagia-karena-napas