Kata-kata Bijak: timbul

  • Ketakutan adalah rasa sakit yang timbul dari antisipasi jahat.
  • Meskipun kamu mendapat latihan jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika kamu mempunyai sifat menyerah! Kepandaian yang bagaimanapun tingginya, tidak ada gunanya jika orang itu mempunyai sifat menyerah! Tentara akan hidup sampai akhir jaman, tentara akan timbul dan tenggelam bersama neg
  • Kalau tuhan tidak menjadikan perhambaan dan perbudakan,tentu tidak akan timbul keinginan hendak mengejar kemerdekaan. Memang kalau tiada kesakitan, orang tidak mempunyai keinginan untuk mengejar kesenangan.Oleh itu tidak keterlaluan jika dikatakan bahawa sakit dan pedih adalah tangga menuju kejayaan
  • Nasionalisme yang sejati, nasionalismenya itu bukan semata-mata copy atas tiruan dari Nasionalisme Barat, akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan.
  • Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.
  • Ibuku tak pernah pergi. Ia berjalan bersamaku. Ia hilang timbul mengikuti pikiranku yang habis tersedot dunia. Tapi seperti yang kukatakan, ia selalu bisa menarikku kembali ketika dunia terlalu hiruk pikuk untukku. Aku, bocah yang selalu diasuhnya. Masih, hingga kini.
  • Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.
  • Kami tentara Republik Indonesia akan timbul dan tenggelam bersama negara.
  • Yang terpenting, sadarilah bila kesuksesanmu menghasilkan keberuntungan dan seiring itu timbul kewajiban. Kamu berutang, dan bukan hanya kepada Tuhan. Kamu berutang kepada yang kurang beruntung.
+6

Kata-kata Bijak 1 s/d 10 dari 36.

  • Mohammad Yamin
    Mohammad Yamin
    Sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum dari Indonesia 1903-1962
    ajax-loader
    - +
    +341
    Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.
  • Mohammad Hatta
    Mohammad Hatta
    Pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia 1902-1980
    ajax-loader
    - +
    +292
    Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.
  • Buya Hamka
    Buya Hamka
    Seorang ulama, aktivis dan sastrawan Indonesia 1908-1981
    ajax-loader
    - +
    +146
    Kalau tuhan tidak menjadikan perhambaan dan perbudakan,tentu tidak akan timbul keinginan hendak mengejar kemerdekaan. Memang kalau tiada kesakitan, orang tidak mempunyai keinginan untuk mengejar kesenangan.Oleh itu tidak keterlaluan jika dikatakan bahawa sakit dan pedih adalah tangga menuju kejayaan.
  • Jenderal Soedirman
    Jenderal Soedirman
    Jenderal pada masa Revolusi Nasional Indonesia 1916-1950
    ajax-loader
    - +
    +64
    Meskipun kamu mendapat latihan jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika kamu mempunyai sifat menyerah! Kepandaian yang bagaimanapun tingginya, tidak ada gunanya jika orang itu mempunyai sifat menyerah! Tentara akan hidup sampai akhir jaman, tentara akan timbul dan tenggelam bersama negara!
  • Soekarno
    Soekarno
    Presiden pertama Indonesia 1901-1970
    ajax-loader
    - +
    +63
    Nasionalisme yang sejati, nasionalismenya itu bukan semata-mata copy atas tiruan dari Nasionalisme Barat, akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan.
  • Ahmad Wahib
    Ahmad Wahib
    Pemikir dan pembaharu Islam dari Indonesia 1942-1973
    ajax-loader
    - +
    +59
    Tuhan, bisakah aku menerima hukum-Mu tanpa meragukannya lebih dahulu? Karena itu Tuhan, maklumilah lebih dulu bila aku masih ragu akan kebenaran hukum-hukum-Mu. Jika Engkau tak suka hal itu, berilah aku pengertian-pengertian sehingga keraguan itu hilang. Tuhan, murkakah Engkau bila aku berbicara dengan hati dan otak yang bebas, hati dan otak sendiri yang telah Engkau berikan kpadaku dengan kemampuan bebasnya sekali ? Tuhan, aku ingin bertanya pada Engkau dalam suasana bebas. Aku percaya, Engkau tidak hanya benci pada ucapan-ucapan yang munafik, tapi juga benci pada pikiran-pikiran yang munafik, yaitu pikiran-pikiran yang tidak berani memikirkan yang timbul dalam pikirannya, atau pikiran yang pura-pura tidak tahu akan pikirannya sendiri.
    Sumber: Catatan Harian 9 Juni 1969
  • Mohammad Hatta
    Mohammad Hatta
    Pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia 1902-1980
    ajax-loader
    - +
    +58
    Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.
  • Pramoedya Ananta Toer
    Pramoedya Ananta Toer
    Penulis dari Indonesia 1925-2006
    ajax-loader
    - +
    +43
    Orang bilang ada kekuatan-kekuatan dahsyat yang tak terduga yang bisa timbul pada samudera, pada gunung berapi dan pada pribadi yang tahu benar akan tujuan hidupnya .
    Sumber: Bumi Manusia (1980) , h. 409
  • Aristoteles
    Aristoteles
    Filsuf dari Yunani 384 SM - 322 SM
    ajax-loader
    - +
    +40
    Ketakutan adalah rasa sakit yang timbul dari antisipasi jahat.
  • Lucien  Arréat
    Lucien Arréat
    Penulis dan psikolog dari Perancis 1841-1922
    ajax-loader
    - +
    +20
    Memasak adalah sama dengan bercinta. Kegembiraan hanya timbul pada suatu saat, dan sesudah itu hanya tinggal kenangan manis.
Kata-kata timbul - quotes, kata-kata bijak dan kutipan timbul yang terbaik dan terkenal: 36 ditemukan

Arti kata timbul menerut KBBI

2 timbul [tim·bul]

Kata Verbia (kata kerja)
  1. 1) naik dan keluar ke atas (dari dalam air, tanah, dan sebagainya)
    contoh: 'setelah lama menyelam lalu timbul lagi'
  2. 2) menyembul sedikit dari permukaan yang rata
    contoh: 'ia memesan kartu undangan dengan huruf timbul'
  3. 3) terbit (bulan, matahari, dan sebagainya)
    contoh: 'sebelum matahari timbul ia sudah berangkat ke tempat pekerjaannya bulan timbul'
  4. 4) terbit (tentang penyakit, pertikaian, perasaan, pikiran, dan sebagainya)
    contoh: 'di mana-mana timbul bencana kelaparan dalam hatinya timbul perasaan takut lalu timbul hausnya dan berhentilah sebentar minum es avokad melihat kuda yang bagus itu timbul lah keinginannya untuk membeli'
  5. 5) tampak; muncul; keluar (dari semak-semak, hutan, dan sebagainya) Kata kiasan
    contoh: 'pujangga muda yang baru timbul tunas itu mulai timbul'

4 timbul [tim·bul]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) pohon keluih, buahnya dapat disayur; Artocarpus communis;
  2. 2) buah keluih

Lihat arti timbul lengkap