Kata-kata Bijak: budak

  • Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.
  • Dia yang tidak memiliki kehidupan sendiri akan menjadi budak dari lingkungan sekitarnya.
  • Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.
  • Bahaya masa lalu yaitu ketika orang menjadi budak. Bahaya masa depan adalah ketika manusia bisa menjadi robot.
  • Jika kita bekerja keras hanya saat kita butuh uang, itu artinya kita adalah budak uang. Bekerja keraslah untuk sesuatu yang lebih besar dari Uang.
  • Jika Tuhan menginginkan wanita berkuasa atas pria, Ia akan menciptakannya dari kepala Adam. Andaikata Ia merancang wanita sebagai budak pria, Ia akan membuatnya dari kakinya. Tapi Tuhan menciptakan wanita dari rusuk pria, karena Ia menciptakannya sebagai seorang penolong dan sebagai seorang yang set
  • Dengan cinta, yang pahit menjadi manis. Dengan cinta, tembaga menjadi emas. Dengan cinta, sampah menjadi jernih. Dengan cinta, yang mati menjadi hidup. Dengan cinta, raja menjadi budak. Dari ilmu, cinta dapat tumbuh. Pernahkah kebodohan menempatkan seseorang di atas tahta seperti ini?
  • Dunia ini masih dipimpin oleh orang yang lebih memilih kenyang meskipun dijadikan budak, dari pada lapar tapi bertahan harga dirinya.
  • Satu kelas atas satu bangsa yang tidak mampu melemparkan peraturan-peraturan kolot serta perbudakan dengan perantaraan revolusi, niscaya musnah atau ditakdirkan menjadi budak buat selama-lamanya.
+6

Kata-kata Bijak 1 s/d 10 dari 73.

  • Buya Hamka
    Buya Hamka
    Seorang ulama, aktivis dan sastrawan Indonesia 1908-1981
    ajax-loader
    - +
    +917
    Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.
  • Emha Ainun Nadjib
    Emha Ainun Nadjib
    Seorang seniman, budayawan, penyair, serta intelektual asal Indonesia. 1953-
    ajax-loader
    - +
    +336
    Dunia ini masih dipimpin oleh orang yang lebih memilih kenyang meskipun dijadikan budak, dari pada lapar tapi bertahan harga dirinya.
  • Jalaluddin Rumi
    Jalaluddin Rumi
    Penyair sufi, ahli hukum, sarjana Islam dan teolog dari Persia 1207-1273
    ajax-loader
    - +
    +317
    Dengan cinta, yang pahit menjadi manis. Dengan cinta, tembaga menjadi emas. Dengan cinta, sampah menjadi jernih. Dengan cinta, yang mati menjadi hidup. Dengan cinta, raja menjadi budak. Dari ilmu, cinta dapat tumbuh. Pernahkah kebodohan menempatkan seseorang di atas tahta seperti ini?
  • Soekarno
    Soekarno
    Presiden pertama Indonesia 1901-1970
    ajax-loader
    - +
    +227
    Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.
    Sumber: Pidato HUT Proklamasi
  • Martin Luther King
    Martin Luther King
    Pastor dan aktivis HAM dari Amerika Serikat 1929-1968
    ajax-loader
    - +
    +75
    Aku mempunyai sebuah mimpi bahwa suatu hari, di bukit merah Georgia, putra dari seorang budak dan putra seorang majikan akan mampu duduk bersama-sama di meja persaudaraan.
    Asli: I have a dream that one day on the red hills of Georgia, the sons of former slaves and the sons of former slave owners will be able to sit together at the table of brotherhood.
  • Erich Fromm
    Erich Fromm
    Filsuf dan psikolog dari Jerman dan Amerika Serikat 1900-1980
    ajax-loader
    - +
    +62
    Bahaya masa lalu yaitu ketika orang menjadi budak. Bahaya masa depan adalah ketika manusia bisa menjadi robot.
    Asli: The danger of the past was that men became slaves. The danger of the future is that men may become robots.
    Sumber: The Sane Society (1955) Ch. 9
  • Henri Frédéric Amiel
    Henri Frédéric Amiel
    Filsuf dan penyair dari Swis 1821-1881
    ajax-loader
    - +
    +61
    Dia yang tidak memiliki kehidupan sendiri akan menjadi budak dari lingkungan sekitarnya.
    Asli: Qui n'a pas de vie intérieure est l'esclave de son milieu.
    Sumber: Journal Intime p. 126
  • Augustinus
    Augustinus
    Filosoof, teolog dan ayah Gereja dari Romawi Kuno 354-430
    ajax-loader
    - +
    +55
    Jika Tuhan menginginkan wanita berkuasa atas pria, Ia akan menciptakannya dari kepala Adam. Andaikata Ia merancang wanita sebagai budak pria, Ia akan membuatnya dari kakinya. Tapi Tuhan menciptakan wanita dari rusuk pria, karena Ia menciptakannya sebagai seorang penolong dan sebagai seorang yang setara dengan pria.
  • Abu Hamid Al Ghazali
    Abu Hamid Al Ghazali
    Filsuf dan sofis dari Persia 1058-1111
    ajax-loader
    - +
    +47
    Keinginan menjadikan budak dari raja-raja dan kesabaran menjadikan raja-raja dari budak.
  • Ahmad Wahib
    Ahmad Wahib
    Pemikir dan pembaharu Islam dari Indonesia 1942-1973
    ajax-loader
    - +
    +38
    Kita kaum pembaharu muslim masih terlalu banyak menoleh kebelakang. Kita masih telalu sibuk melayani serangan-serangan dari orang-orang muslim tradisional. Kalau ini sampai berjalan lama dan menjadi kebiasaan saya kuatir kaum pembaharu akan terlibat dalam apologi bentuk baru, yaitu apologi terhadap ide-ide pembaharuan (yang sudah ada) melawan kaum tradisional. Bila ini sudah terjadi maka terhentilah sebenarnya kerja pembaharuan kita. Umur pembaharuan dikalangan muslim masih terlalu muda. Karena itu saya sangat kuatir bila dia menyibukan diri untuk: 1. menangkis dan menyerang muslim-muslim tradisional dengan faham-fahamnya yang sudah lama tersusun; 2. untuk menyebarkan pikiran-pikirannya yang notabene belum matang, belum lengkap dan jauh dari utuh. Karena itu sebaiknya kaum pembaharu memusatkan diri pada ketekunan pemikiran dan perenungan alam suatu grup kecil untuk mengolah dan mengembangkan konsep-konsep yang ada agar relatif matang, lengkap dan utuh. Kalau ini tidak dilakukan saya kuatir kita akan menjadi budak yang mau maju terus dan malu untuk sewaktu-waktu mundur bila kadang-kadang salah
    Sumber: Catatan Harian 10 April 1972
Kata-kata budak - quotes, kata-kata bijak dan kutipan budak yang terbaik dan terkenal: 73 ditemukan

Arti kata budak menerut KBBI

budak [bu·dak]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) anak; kanak-kanak
    contoh: 'budak bermain layang-layang'
  2. 2) hamba; jongos; orang gajian
    contoh: 'aku bukan budak mu'

Lihat arti budak lengkap