Kata-kata Bijak: biji-bijian

  • Cintaku sebesar biji apel, tapi bisa tumbuh dan mengakar selamanya.
  • Jadilah biji kopi, ketika masalah datang, ia tidak lembek atau keras, tapi ia bisa berpikir jernih, menghasilkan harum dan rasa yang nikmat, membawa kebaikan bukan untuk dirinya sendiri, tetapi lingkungan di sekitarnya.
  • Cinta bukanlah sesuatu yang statis. Cinta itu seperti benih. Awalnya dia hanya sebuah biji kecil, nggak terlihat dan nyaris nggak dianggap. Tapi saat dia dapetin media yang tepat, dia berkembang jadi pohon, bahkan berbuah. Masa lalu nggak bisa diubah.
  • Hidup tanpa cinta laksana sebuah pohon tanpa bunga dan buah. Cinta tanpa keindahan laksana bunga tanpa keharuman dan laksana buah tanpa biji. Hidup, cinta dan keindahan adalah tiga perkara dalam satu inti, yang berdiri sendiri, mutlak dan tidak bisa dipindahkan atau diubah.
  • Sedikit-sedikit ia ingat perihal kata hatinya bahwa hidup manusia adalah jagung pipilan dalam gilingan revolusi waktu, hingga semua pasti berubah, bagai biji jagung menghalus lalu menjadi nasi.
+2

Kata-kata Bijak 1 s/d 10 dari 22.

  • Khalil Gibran
    Khalil Gibran
    Penulis dan pelukis dari Lebanon-Amerika 1883-1931
    ajax-loader
    - +
    +77
    Hidup tanpa cinta laksana sebuah pohon tanpa bunga dan buah. Cinta tanpa keindahan laksana bunga tanpa keharuman dan laksana buah tanpa biji. Hidup, cinta dan keindahan adalah tiga perkara dalam satu inti, yang berdiri sendiri, mutlak dan tidak bisa dipindahkan atau diubah.
  • Wiji Thukul
    Wiji Thukul
    Penyair dari Indonesia 1963-1998?
    ajax-loader
    - +
    +75
    Jika kami bunga engkau adalah tembok, tapi di tubuh tembok itu telah kami sebar biji-biji suatu saat kami akan tumbuh bersamad dengan keyakinan.
    Sumber: Bunga Dan Tembok
  • Michel Eyquem de Montaigne
    Michel Eyquem de Montaigne
    Essaysit dan filsuf dari Perancis 1533-1592
    ajax-loader
    - +
    +66
    Di dunia ini tak pernah ada dua pendapat yang sama, demikian pula pada dua helai rambut atau dua butir biji padi; kualitas yang paling universal adalah keberagaman.
    Asli: Et ne fut jamais au monde deux opinions pareilles, non plus que deux poils ou deux grains. Leur plus universelle qualité, c’est la diversité.
    Sumber: Essais II, 37
  • Rina Suryakusuma
    Rina Suryakusuma
    Penulis dari Indonesia
    ajax-loader
    - +
    +35
    Jadilah biji kopi, ketika masalah datang, ia tidak lembek atau keras, tapi ia bisa berpikir jernih, menghasilkan harum dan rasa yang nikmat, membawa kebaikan bukan untuk dirinya sendiri, tetapi lingkungan di sekitarnya.
    Sumber: Just Another Birthday 150
  • Ika Natassa
    Ika Natassa
    Penulis dari Indonesia 1977-
    ajax-loader
    - +
    +30
    Membuat kopi itu ritual laki-laki. Buat Ayah, semua langkah mulai dari memilih beans, grinding, sampai kopinya siap diseduh, prosesnya seperti hidup seorang laki-laki. Sebagai laki-laki, tugas utama kita adalah mengambil pilihan terbaik untuk diri kita sendiri dan orang-orang yang dekat dan tergantung pada kita. Sering proses mengambil pilihan ini nggak bisa sebentar, harus sabar. Sama seperti Ayah sabar memilih-milih biji kopi terbaik, sabar juga menjalani proses membuatnya sampai jadi secangkir kopi yang pantas dibanggakan karena enak banget.
    Sumber: Critical Eleven 31
  • Dheean Reean
    Dheean Reean
    Penulis dari Indonesia
    ajax-loader
    - +
    +13
    Cintaku sebesar biji apel, tapi bisa tumbuh dan mengakar selamanya.
    Sumber: Eternal Flame 169
  • Ika Natassa
    Ika Natassa
    Penulis dari Indonesia 1977-
    ajax-loader
    - +
    +10
    Kalau kita sudah memilih yang terbaik, seperti Ayah memilih Ibu dan kamu memilih istri kamu, seperti kita memilih biji kopi yang terbaik, bukan salah mereka kalau rasanya kurang enak. Salah kita yang belum bisa melakukan yang terbaik sehingga mereka juga menunjukkan yang terbaik buat kita.
    Sumber: Critical Eleven 56
  • Muna Masyari
    Muna Masyari
    Sastrawan dari Indonesia 1985-
    ajax-loader
    - +
    +10
    Tali jemuran yang membentang di tepi halaman, tempat ibumu mengangin-anginkan kain batik yang baru dicelup pada pewarna, juga pohon jambu biji di belakang rumah yang kini mulai menguning daun-daunnya, keduanya akan mengasingkan dirimu, seperti kawan lama yang enggan menyapa.
    Sumber: Gentong Tua
  • Charles Lindbergh
    Charles Lindbergh
    Pilot pesawat Amerika Serikat 1902-1974
    ajax-loader
    - +
    +5
    Gagasan itu seperti biji, tampaknya tidak penting ketika pertama kali dipegang. Setelah ditanam dengan kuat, mereka dapat tumbuh dan berbunga menjadi hampir apa saja, batang jagung, atau kayu merah raksasa, atau penerbangan melintasi lautan. Apa pun yang dibayangkan pria, ia bisa mencapainya.
    Asli: Ideas are like seeds, apparently insignificant when first held in the hand. Once firmly planted, they can grow and flower into almost anything at all, a cornstalk, or a giant redwood, or a flight across the ocean. Whatever a man imagines, he can achieve.
  • John Connolly
    John Connolly
    Penulis dari Irlandia 1968-
    ajax-loader
    - +
    +4
    Cerita-cerita itu menjadi hidup saat dituturkan. Tanpa suara manusia yang membaca keras-keras, atau sepasang mata lebar terbelalak yang menyusuri huruf demi huruf dengan bantuan lampu senter di balik selimut, cerita-cerita itu tidak benar-benar eksis di dunia kita. Mereka seperti biji-bijian yang menempel di paruh burung, menunggu jatuh ke bumi, atau seperti nada-nada lagu yang dituliskan di selembar kertas, merindukan alat musik untuk menghidupkannya. Mereka tertidur semu, menanti-nanti kesempatan untuk terjaga. Begitu seseorang mulai membaca kisah-kisah itu, mereka pun mulai berubah. Mereka bisa menancapkan akar di dalam imajinasi, dan mengubah pembacanya.
    Sumber: The Book of Lost Things 12
Kata-kata biji-bijian - quotes, kata-kata bijak dan kutipan biji-bijian yang terbaik dan terkenal: 22 ditemukan

Arti kata biji-bijian menerut KBBI

biji-bijian [bi·ji-bi·ji·an]

Kata Nomina (kata benda)

Arti: buah yang berbutir kecil-kecil seperti padi, jagung, kacang; berjenis-jenis biji

Lihat arti biji-bijian lengkap