Kata-kata Bijak: barat

Kata-kata Bijak 1 s/d 10 dari 45.

  • Tan Malaka
    Tan Malaka
    Aktivis kemerdekaan, filsuf dari Indonesia 1897-1949
    ajax-loader
    - +
    +213
    Akuilah dengan yang putih bersih, bahwa kamu sanggup dan mesti belajar dari orang Barat. Tapi kamu jangan jadi peniru orang Barat, melainkan seorang murid dari Timur yang cerdas, suka memenuhi kemauan alam dan seterusnya dapat melebihi kepintaran guru-gurunya di Barat.
  • Emha Ainun Nadjib
    Emha Ainun Nadjib
    Seorang seniman, budayawan, penyair, serta intelektual asal Indonesia. 1953-
    ajax-loader
    - +
    +133
    Kreatifitas berpikir orang barat harus kita tiru,tapi ekses dari kebudayaan teknologis yang terlalu memanjakan kebinatangan, sebaiknya kita cegah sejak sekarang.Setiap badan perencanaan pembangunan harus melibatkan para agamawan, budayawan, negarawan, filosof, seniman,orang-orang kecil awam yang arif. Kita jangan hanya dipimpin oleh tender-tender.
    Sumber: Markesot Bertutur
  • Yusri Abdul Ghani Abdullah
    Yusri Abdul Ghani Abdullah
    Penulis dari Indonesia
    ajax-loader
    - +
    +91
    Komunitas yang bangkit ini tidak berasal dari kalangan militer atau politikus kerana kedua kelompok ini sedang berada dalam bayang-bayang cobaan sehingga tidak mampu berperan lagi di persimpangan sejarah yang kritis ini. Kerana itu hampir semua sisi kesejarahan meniscayakan tanggungjawab dan menawarkan peran bagi kalangan intelektual untuk merekonstruksi khazanah ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang diluluhlantakkan serbuan Mongol di Timur dan Sepanyol di Barat. Mereka harus membangun kedua modal itu sehingga kejayaan ilmiah dapat menggantikan kejayaan politik yang hilang akibat bencana perpecahan dan fanatisme golongan yang akut. Keduanya juga diperlukan guna membangun jaring ruhani dan pemikiran yang memelihara eksistensi dan identitas umat Islam dari keruntuhan, erosi dan perpecahan.
  • Mochtar Lubis
    Mochtar Lubis
    Jurnalis dan novelis ternama asal Indonesia. 1922-2004
    ajax-loader
    - +
    +67
    Orang Amerika itu penuh curiga pada bom atom atau bom hidrogen mereka sendiri, tidak percaya pada diri mereka sendiri, dan orang Rusia juga sama-sama saling tidak percaya antara mereka, orang Asia tidak percaya pada orang Barat, dan Barat takut dan tidak percaya pada Asia. Rasialisme di Afrika Selatan, politik kulit putih Australia, curiga bangsa asing di Indonesia dan negara-negara Asia lain, diskriminasi Negro di Amerika, ini semuanya berdasar pada tidak percaya. Karena manusia tidak percaya pada manusia, tidak percaya bahwa manusia sama manusia bisa dan harus sama-sama hidup. Si komunis begitu, si demokrat begitu, si imperialis begitu, si merdeka begitu. Semuanya sama saja.
    Sumber: Senja Di Jakarta
  • Tan Malaka
    Tan Malaka
    Aktivis kemerdekaan, filsuf dari Indonesia 1897-1949
    ajax-loader
    - +
    +50
    Jika Diponegoro dilahirkan di Barat dan menempatkan dirinya di muka satu revolusi dengan sanubarinya yang suci itu, boleh jadi akan dapat menyamai perbuatan-perbuatan Crommwell atau Garibaldi. Tetapi ia menolong perahu yang bocor, kelas yang akan lenyap.
  • Soekarno
    Soekarno
    Presiden pertama Indonesia 1901-1970
    ajax-loader
    - +
    +47
    Nasionalisme yang sejati, nasionalismenya itu bukan semata-mata copy atas tiruan dari Nasionalisme Barat, akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan.
  • Tan Malaka
    Tan Malaka
    Aktivis kemerdekaan, filsuf dari Indonesia 1897-1949
    ajax-loader
    - +
    +36
    Janganlah menjatuhkan diri ke dalam kesesatan dengan mengira, bahwa kebudayaan Timur yang dulu atau sekarang lebih tinggi dari kebudayaan Barat sekarang. Ini boleh kamu katakan, bilamana kamu sudah melebihi pengetahuan, kecakapan dan cara berpikir orang Barat.
  • Ainun Chomsum
    Ainun Chomsum
    Penulis dari Indonesia
    ajax-loader
    - +
    +23
    Dinaungi langit yang muram, perempuan itu datang. Badannya dibungkus mafela kelabu. Hujan baru saja lesap bersama matahari di barat. Rembulan dan bintang sebentar lagi datang. Senja termangu sendiri di tepi cakrawala –singgasananya yang nirmala.
    Sumber: Perempuan Yang Melukis Wajah 137
  • Ayu Utami
    Ayu Utami
    Penulis dan wartawan dari Indonesia 1968-
    ajax-loader
    - +
    +20
    Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.
    Sumber: Saman
  • Rettania
    ajax-loader
    - +
    +20
    Mulai dari tangga tengah. Naik ke lantai dua, lalu melangkah ke tangga timur dan naik ke lantai tiga. Dari sana, berjalanlah menuju bagian barat gedung dan turun ke lantai dua, susuri lorong hingga kembali ke tangga tengah, kemudian turun ke lantai dasar. Dari situ, berjalanlah ke gedung timur dan naik ke lantai dua. Lalu, lanjutkan hingga ke bagian barat gedung dan turun lagi ke lantai dasar. Kembalilah ke tangga tengah dan naik terus sampai ke atas. Jika berhasil, akan sampai ke lantai empat.
    Sumber: Rahasia Lantai Keempat 20
Kata-kata, quotes, kata mutiara, kata bijak dan kutipan dengan barat yang terbaik dan terkenal selalu di JagoKata.com: 45 ditemukan

Arti kata barat menerut KBBI

barat [ba·rat]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) nama mata angin yang arahnya berlawanan dengan timur; arah tempat matahari terbenam
    contoh: 'matahari terbenam di sebelah barat'
  2. 2) (huruf pertama kapital) orang, bangsa, negara Eropa dan Amerika
    contoh: 'bangsa barat kebudayaan barat'

Lihat arti barat lengkap