Kata-kata Bijak: ayah

  • Ayah adalah yang teristimewa di dunia, sebab dari keringatnya ia memberi tapak untuk melangkah.
  • Cinta itu perjuangan. Seperti seorang ibu berjuang melahirkan anak-anaknya. Bagaikan sosok ayah bersusah payah menafkahi kehidupan keluarganya. Semuanya perlu direncanakan, dipikirkan masak-masak, diperhitungkan, diusahakan, sebagai wujud cinta.
  • Mungkin kita tidak akan pernah mendengar tangisan seorang ayah karena seorang ayah selalu ingin terlihat kuat agar anaknya dapat berlindung di tangan dan dadanya tanpa pernah meragukanya, ia dapat memberikan rasa aman kepadanya kala sang anak merasa terancam, itulah ayah.
  • Sekarang, kepalaku membayangkan kuburan, tempat manusia yang terakhir. Tapi kadang-kadang manusia tak mendapat tempat dalam kandungan bumi. Ya, kadang-kadang. Pelaut, prajurit di zaman perang, sering mereka tak mendapat tempat tinggal terakhir. Dalam kepalaku membayangkan, kalau ayah yang tak mendap
+1

Kata-kata Bijak 1 s/d 10 dari 180.

  • Kang Maman (Maman Suherman)
    Kang Maman (Maman Suherman)
    Penulis, Produser, dari Indonesia 1965-
    ajax-loader
    - +
    +245
    Mungkin kita tidak akan pernah mendengar tangisan seorang ayah karena seorang ayah selalu ingin terlihat kuat agar anaknya dapat berlindung di tangan dan dadanya tanpa pernah meragukanya, ia dapat memberikan rasa aman kepadanya kala sang anak merasa terancam, itulah ayah.
  • Buya Hamka
    Buya Hamka
    Seorang ulama, aktivis dan sastrawan Indonesia 1908-1981
    ajax-loader
    - +
    +218
    Panggilan 'ayah' dari anak-anak, ketika si buruh pulang dari pekerjaannya, adalah ubat duka dari dampratan majikan di kantor. Suara 'ayah' dari anak-anak yang berdiri di pintu, itulah yang menyebabkan telinga menjadi tebal, walaupun gaji kecil. Suara 'ayah' dari anak-anak, itulah urat tunggang dan pucuk bulat bagi peripenghidupan manusia.
  • Joko Pinurbo
    Joko Pinurbo
    Penyair dari Indonesia 1962-
    ajax-loader
    - +
    +161
    Mengapa bulan di jendela makin lama makin redup sinarnya? Karena kehabisan minyak dan energi. Mimpi semakin mahal,hari esok semakin tak terbeli. Di bawah jendela bocah itu sedang suntuk belajar matematika. Ia menangis tanpa suara: butiran bensin meleleh dari kelopak matanya. Bapaknya belum dapat duit buat bayar sekolah. Ibunya terbaring sakit di rumah. Malu pada guru dan teman-temannya, coba ia serahkan tubuhnya ke tali gantungan. Dadah Ayah, dadah Ibu, Ibucinta terlonjak bangkit dari sakitnya. Diraihnya tubuh kecil itu dan didekapnya. Berilah kami rejeki pada hari ini dan ampunilah kemiskinan kami.
  • Kang Maman (Maman Suherman)
    Kang Maman (Maman Suherman)
    Penulis, Produser, dari Indonesia 1965-
    ajax-loader
    - +
    +141
    Anakku memang ayah tidak mengandungmu namun daraku mengalir dalam darahmu, namanya melekat di namamu. memang ayah tidak melahirkanmu, memang ayah tidak menyusuimu namun dari setiap tetesan keringatnyalah semua air susu yang kau minum itu. Nak, memang ayah tidak menjagamu setiap saat namun tanpa kau tahu aku selalu menyebut namamu dalam setiap doaku.
  • Pramoedya Ananta Toer
    Pramoedya Ananta Toer
    Penulis dari Indonesia 1925-2006
    ajax-loader
    - +
    +129
    Sekarang, kepalaku membayangkan kuburan, tempat manusia yang terakhir. Tapi kadang-kadang manusia tak mendapat tempat dalam kandungan bumi. Ya, kadang-kadang. Pelaut, prajurit di zaman perang, sering mereka tak mendapat tempat tinggal terakhir. Dalam kepalaku membayangkan, kalau ayah yang tak mendapatkan tempat itu.
    Sumber: Bukan Pasarmalam
  • Adolf Hitler
    Adolf Hitler
    Politikus dari Jerman 1889-1945
    ajax-loader
    - +
    +122
    Saya menghormati ayah saya, tapi aku mencintai ibuku.
    Asli: Ich hatte den Vater verehrt, die Mutter jedoch geliebt.
    Sumber: Mein Kampf (1925) Kap. 1
  • Friedrich Nietzsche
    Friedrich Nietzsche
    Penyair dan filsuf dari Jerman 1844-1900
    ajax-loader
    - +
    +89
    Bila seseorang tidak memiliki ayah yang baik, ia harus menciptakannya.
  • Sujiwo Tejo
    Sujiwo Tejo
    Wartawan, pelukis, budayawan dan penulis dari Indonesia 1962-
    ajax-loader
    - +
    +86
    Jangan tanya besarnya seseorang dari anaknya sendiri. Di mata keluarganya seorang ayah pasti biasa-biasa saja. Mungkin malah kerdil.
    Sumber: Rahvayana 2: Ada yang Tiada
  • Kang Maman (Maman Suherman)
    Kang Maman (Maman Suherman)
    Penulis, Produser, dari Indonesia 1965-
    ajax-loader
    - +
    +80
    Pelukan seorang ayah mungkin tidak dapat memelukmu seerat dan sehangat pelukan sang bunda karena iya takut akan menyakitimu dan ia takut terlalu mencintaimu hingga dia tidak akan sanggup untuk melepaskanmu, namun ia tidak akan pernah ragu untuk menjagamu tanpa pernah memikirkan itu.
  • Ahmad Dahlan
    Ahmad Dahlan
    Pahlawan Nasional Indonesia, wirausahawan dan pendiri Muhammadiyah 1868-1923
    ajax-loader
    - +
    +79
    Warisan terbesar seorang ayah adalah dapat membuat keluarganya sebagai teladan.
Kata-kata, quotes, kata mutiara, kata bijak dan kutipan dengan ayah yang terbaik dan terkenal selalu di JagoKata.com: 180 ditemukan

Arti kata ayah menerut KBBI

1 ayah

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) orang tua kandung laki-laki; bapak;
  2. 2) panggilan kepada orang tua kandung laki-laki;

2 ayah

Kata Nomina (kata benda)

Arti: orang perempuan (India) yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga

Lihat arti ayah lengkap