Kata-kata Bijak: Ahmad Tohari

Ahmad Tohari

Ahmad Tohari

Sastrawan dan budayawan dari Indonesia

Lahir: 1948-

Kata-kata Bijak 1 s/d 10 dari 27.

  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +33
    Ada kalanya lelaki terkesan oleh perempuan lantaran dia sedang berada di luar lingkungan sehariannya, seperti yang terjadi pada para pekerja pengukur tanah itu. Ada kalanya lelaki tunduk kepada naluri pemberian alam; kecenderungan berpetualang. Ada kalanya pula seorang perempuan memang dibekali kelebihan-kelebihan tertentu sehingga kehidupan memberinya tempat pada wilayah perhatian lawan jenis.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +26
    Perempuan adalah bubu yang bila sudah dipasang hanya bisa menunggu ikan masuk. Selamanya bubu tak akan mengejar ikan atau memaksanya masuk ke dalam.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +21
    Hidup adalah berperan menjadi wayang atas sebuah cerita yang sudah dipastikan dalam pakem.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk 242
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +15
    bagaimana bisa, manusia tetap eksis ketika kemanusiaan telah mati?
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk 240
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +15
    Inilah yang dulu kukatakan, dalam hidup segala hal mestilah dilakukan pada batas kewajaran. Karena keselamatan berada di tengah antara dua hal yang saling berlawanan. Jadi keselamatan adalah jalan tengah, atau kewajaran atau keberimbangan. Yang kita saksikan akhir-akhir ini adalah kehidupan yang serba tidak wajar, melampaui batas. Dan kehidupan takkan kembali berimbang sebelum dia mengalami akibat ketidakwajaran itu. E, anakku, cucuku, kita sendiri telah ikut-ikutan lupa.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +11
    Kehidupan tidak maju ke depan dalam lintasan lurus, melainkan maju sambil mengayun ke kiri dan ke kanan dengan jarak yang sama jauhnya. Padahal nurani kehidupan tak pernah sekali pun bergeser dari kedudukannya di tengah. Apabila ayunan ke kanan bercorak hitam misalnya maka ayunan ke kiri dalam banyak hal adalah kebalikannya.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk 321
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +7
    Dalam hidup ini orang harus nrimo pandum; ikhlas menerima jatah, jatah yang manis atau jatah yang getir.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk 141
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +6
    Agitasi, propaganda, serta slogan kutukan membakar seluruh lapangan dalam kepalan ribuan tangan serta riuhnya bunyi tambur.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk 180
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +6
    Nurani adalah kemudi kehidupan yang hakiki karena dikendalikan langsung dengan kasih sayang Ilahi.
    Sumber: Ronggeng Dukuh Paruk 269
  • Ahmad Tohari
    ajax-loader
    - +
    +4
    Karena saat ini banyak perwira yang ora merwirani lagi. Yang saya maksud dengan perwira adalah parawira, yaitu orang-orang yang tidak merasa kehilangan apapun ketika bersikap hormat dan peduli kepada orang lain. Orang-orang yang tidak merasa rendah ketika meninggikan harkat dan martabat orang lain. Mereka adalah orang-orang yang malu ketika merasa dirinya lebih penting daripada orang lain siapapun orang lain itu.
Kata-kata, quotes, kata mutiara, kata bijak dan kutipan dari Ahmad Tohari yang terbaik dan terkenal selalu di JagoKata.com: 27 ditemukan

Tentang Ahmad Tohari

Ahmad Tohari lahir di Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas pada tanggal 13 Juni 1948.

Beberapa karya fiksinya antara lain trilogi Ronggeng Dukuh Paruk telah diterjemahkan dalam edisi Jepang, Jerman, Belanda dan Inggris. Tahun 1990, beliau mengikuti International Writing Programme di Iowa City, Amerika Serikat dan memperoleh penghargaan The Fellow of The University of Iowa.