Arti kata merenungkan menurut KBBI

renung,
merenungkan [me·re·nung·kan]

Kata Verbia (kata kerja)

Arti: memikirkan atau mempertimbang(kan) dalam-dalam
contoh: 'ia sering merenungkan nasihat kedua orang tuanya yang telah tiada'

Kata bijak terpopular merenungkan

  • Dari begitu banyak sahabat, dan tak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Aku memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.
    - Umar bin Khattab
  • Bukanlah hidup kalau sekadar untuk mencari makan, bukankah sambil bekerja seseorang bisa merenungkan suatu hal, bisa berzikir dengan ucapan yang sesuai dengan tahap penghayatan atau kebutuhan hidupnya, bisa mengamati macam-macam manusia, bisa belajar kepada sebegitu banyak peristiwa. Bisa menemukan hikmah-hikmah, pelajaran dan kearifan yang membuat hidupnya semakin maju dan baik.
    - Emha Ainun Nadjib
  • Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna.
    - Mohammad Hatta
  • Tujuan mempelajari sejarah bukanlah untuk mencemooh tindakan manusia, atau untuk menangisi atau membencinya, tetapi untuk memahaminya. Dan semoga kemudian belajar darinya saat kita merenungkan masa depan kita.
    - Nelson Mandela

Semua kata-kata bijak tentang merenungkan

Kata-kata di KBBI yang dekat dari renung

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[merenungkan] Makna merenungkan di KBBI adalah: memikirkan atau mempertimbang(kan) dalam-dalam. Contoh: ia sering merenungkan nasihat.... Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)