Arti kata mencemari menurut KBBI

mencemari [men·ce·mari]

Kata Verbia (kata kerja)
Dari kata dasar: cemar.
  1. 1) menjadikan cemar; mengotori
    contoh: 'sampah mulai mencemari Teluk Ambon'
  2. 2) menodai (nama baik); mencabuli (Kata kiasan)
    contoh: 'mencemari asas-asas demokrasi peperangan mencemari hubungan kemanusiaan yang sejati mencemari nama baik orang tua'

Kata bijak terpopular mencemari

  • Doa tidak menggunakan energi buatan, tidak membakar bahan bakar fosil, tidak mencemari. Begitu juga lagu, begitu juga dengan cinta, begitu juga tarian.
    - Margaret Mead
  • Di zaman modern, manusia seenaknya mencemari sungai.
    - Putu Felisia
  • Pria suka mati. Dalam segala hal yang mereka buat, mereka melubangi tempat sentral untuk kematian, membiarkan bau tengiknya mencemari setiap dimensi dari apa pun yang masih bertahan. Pria terutama suka membunuh. Dalam seni mereka merayakannya, dan dalam hidup mereka melakukannya. Mereka merangkul pembunuhan seolah-olah hidup tanpa itu akan tanpa gairah, makna, dan tindakan, seolah-olah pembunuhan adalah pelipur lara, menenangkan isak tangis mereka saat mereka meratapi kehampaan dan keterasingan hidup mereka.
    - Andrea Dworkin
  • Tapi Barat mencoba melemahkan Islam dari luar dan dalam. Mereka menyerang rakyat kami dan menyerang negara kami dari luar, dan mereka melemahkan kami dari dalam dengan ide-ide seperti sekularisme, liberalisme dan demokrasi. Ini semua dirancang untuk mencemari Islam murni kita.
    - Abu Bakar Bashir

Semua kata-kata bijak tentang mencemari

Kata-kata di KBBI yang dekat dari cemar

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[mencemari] Makna mencemari di KBBI adalah: menjadikan cemar; mengotori. Contoh: sampah mulai mencemari Teluk Ambon. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)