Arti kata maksud menurut KBBI

maksud
[mak·sud]

Kata Nomina (kata benda)
  1. 1) yang dikehendaki; tujuan
    contoh: 'telah tercapai maksudnya'
  2. 2) niat; kehendak
    contoh: 'kami datang dengan maksud baik'
  3. 3) arti; makna (dari suatu perbuatan, perkataan, peristiwa, dan sebagainya)
    contoh: 'maksud kalimat itu sudah jelas'
  • menangkap maksud:

    memahami perkataanya;

Kata-kata dari kata dasar maksud

Peribahasa menggunakan kata maksud

  • asing maksud, asing sampai
    =tidak sesuai dengan yang diharapkan
  • rugi menentang laba, jerih menentang boleh, pb supaya maksud kita tercapai
    =kita harus mau berusaha (bersusah payah) dahulu

Semua Peribahasa tentang maksud

Kata bijak terpopular maksud

  • Hewan diciptakan Tuhan pasti dengan maksud dan tujuan tertentu bukan hanya untuk disakiti, dibunuh, atau dijadikan hiasan.
  • Perasaan laksana hujan, tak pernah datang dengan maksud yang jahat. Keadaan dan waktulah yang membuat kita membenci kedatangannya.
  • Dan siapakah yang saya maksud dengan kaum Marhaenis? Kaum Marhaenis adalah setiap pejuang dan setiap patriot Bangsa. Yang mengorganisir berjuta-juta kaum Marhaen itu, dan Yang bersama-sama dengan tenaga massa Marhaen itu hendak menumbangkan sistem kapitalisme, imprealisme, kolonialisme, dan Yang ber
  • Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya.
  • Orang yang berakal pergi ke medan perang membawa senjata. Berbantah dan bertukar pikiran dengan cukup alasan. Berlawan dengan kekuatan. Karena dengan akallah tercapai hidup, dengan budi tenanglah hati, dengan pikiran tercapai maksud, dengan ilmu ditaklukkan dunia.
  • Karena saat ini banyak perwira yang ora merwirani lagi. Yang saya maksud dengan perwira adalah parawira, yaitu orang-orang yang tidak merasa kehilangan apapun ketika bersikap hormat dan peduli kepada orang lain. Orang-orang yang tidak merasa rendah ketika meninggikan harkat dan martabat orang lain.
  • Hal mendasar yang tidak ditanyakan oleh siapa pun adalah mengapa orang menggunakan narkoba dalam bentuk apa pun? Mengapa kita memiliki aksesori ini untuk hidup normal? Maksud saya, apakah ada yang salah dengan masyarakat yang membuat kita begitu tertekan, sehingga kita tidak bisa hidup tanpa melindu
  • Lo sudah menang tender, itu bagus. Tapi yang kalah tender sewaktu-waktu bisa ngacak-ngacak proyek lo karena dia selalu on site. Sementara lo ngawasin dari jauh. Ngerti maksud gue?
  • Satu-satunya caramu memahami makna dan maksud sejati dari cinta adalah kesediaan untuk membayar harganya. Kau harus pergi ke luar dan menempuh risiko untuk menyampaikannya.
  • Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal. Ketika seseorang bersikap manis, bahkan kelewat manis terhadap kita, bisa jadi orang tersebut menyimpan maksud yang tidak baik terhadap kita.

Semua kata-kata bijak tentang maksud

Kata-kata di KBBI yang dekat dari maksud

Tip: doubleclick kata di atas untuk mencari cepat

[maksud] Arti maksud di KBBI adalah: yang dikehendaki; tujuan. Contoh: telah tercapai maksudnya. Lihat arti dan definisi di jagokata.

Database utama KBBI merupakan Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa)